Log in

View Full Version : Pengalaman Parkir di Bandara Juanda, Hati-hati!!!


SexOnTheBeach
3rd October 2012, 10:55 AM
Dear ceriwisser,



Sebelumnya saya minta maaf kalo salah masuk thread. Karena saya newbie di kaskus ini. Pengalaman ini saya tulis di beberapa milis yg saya ikuti. Dan karena banyak temen2 yg menyarankan supaya saya membagikan pengalaman ini ke lebih banyak orang, maka saya copy paste lagi di kaskus ini:





Email ini saya tulis hanya untuk sekedar sharing pengalaman saya mengenai kecurangan tarip parkir parkir di Bandara Juanda, sehingga rekan-rekan disini bisa lebih berhati2, bila perlu silakan diceritakan atau diforward ke kerabat2 anda.

Kemarin hari minggu tanggal 21 Agustus 2011, saya memarkirkan mobil di area parkir Bandara Juanda karena saya mau pergi ke Balikpapan untuk suatu keperluan dan rencananya sore-nya pada hari yg sama sudah balik lagi ke Surabaya.

Mobil saya masuk area parkir dan menerima kartu maknetik (yg tentunya sudah diberi data hari dan jam saya masuk) sekitar pukul 06.00 pagi. Saya memarkir mobil di area overnight dan gak ada masalah (ini hanya saran saya, kalo mau parkir yg cukup lama, sebaiknya di parkir di area overnight ini, karena menurut saya lebih aman aja). Sampai saya tiba kembali di Surabaya sekitar pukul 20.00 dan mengambil mobil semuanya lancar saja, tidak ada masalah. Nah, yang jadi masalah dan perlu diperhatikan adalah waktu bayar di pintu keluar.

Waktu saya kasih kartu magnetic di gerbang pintu keluar mbak yang jaga nanya saya jam berapa saya masuk parkir, saya gak ada pikiran apa2 trus saya jawab sekitar jam 6 pagi tadi. Trus dia nyebutin biaya parkir 45rb. Saya agak kaget, kok sampai segitu besar (sambil nginget2 kapan hari saya parkir overnight 2 malam, bayar sekitar 60rb). Trus, saya kasih ke mbaknya uang 50rb-an, waktu dikasih kembalian 5rb, saya langsung nanya, mana print out bill-nya. Eh, mbaknya bilang gak bisa diprint karena print nya lagi rusak. Wah, saya langsung curiga ini gak bener. Saya bilang, saya mau print out, kalo gak ada print out saya gak mau bayar. Terus dia (mbak yang jaga) keliahatan bingung.. trus pura2 betulin print out-nya. Mobil2 dibelakang sudah mulai antre dan pada bunyiin klaksonnya. Oh iya, kondisi kendaraan keluar waktu itu rame sekali. Saya gak inget, dari semua gerbang (saya gak ingat ada berapa, mungkin 5 atau lebih) semuanya ada antrean mobil paling sedikit 3 mobil.

Terus mbaknya ngasih print out yg memang tertulis plat nomer mobil saya dan biaya 45rb.. eh, waktu saya teliti lagi di print out tertulis kalo saya masuk parkir tanggal 20-08-2011, yang artinya saya sudah menginap semalam. Langsung saya balikin itu print out, dan bilang kalo saya masuk tanggal 21 dan keluar pada tanggal yang sama, saya mau di print out juga tertulis demikian. Mungkin mbaknya merasa sudah ketahuan dan bingung dg apa yg harus dilakukan dia manggil teman-nya (laki2, gak tau semacam pengawas atau bagian keamanan). Terus mereka meminta saya untuk meminggirkan mobil saya dulu. Mobil, saya pinggirkan terus saya datengin itu mereka. Si pengawas tadi basa basi nanya kenapa print outnya, trus saya langsung bilang saya mau print out yg bener, yg tertulis tanggal masuk dan keluar yg bener trus tarifnya berapa saya akan bayar. Eh, dia ambil ballpoint terus print out yg tertulis masuk tgl 20 tadi mau dicoret untuk dibetulin. Saya langsung bilang, saya gak mau print out yang coretan, saya mau print out yang bener. Terus dia masuk ke dalam ruangan dan keluar lagi sambil ngasih uang 15rb (yang maksudnya uang kembalian untuk saya, yang artinya saya cuman bayar parkir 35rb), sambil bilang kalo tarifnya lebih dari 30rb soalnya ada overcharge untuk parkir yg lebih dari 5 jam. Saya langsung tolak, saya tetep minta print out yg bener, dan saya bilang, berapapun biayanya asal tertulis di print out, akan saya bayar. Mungkin melihat ribut2 gitu, beberapa rekan mereka pada datang mencoba menenangkan saya dg meminta maaf. Saya bilang saya gak mau ribut, tp saya mau semuanya jelas dan benar. Kemudian, gak tau gimana, akhirnya mereka bisa membuatkan print out yg bener (dan saya yakin datanya jg valid) disitu saya baca tanggal, jam masuk dan keluar benar semua, dan tarifnya 30rb!!!



Sekarang saya sadar bahwa ini memang modus operandi mereka untuk melakukan kecurangan. Seandainya saya gak complain dan langsung bayar 45rb, mereka akan menerima selisih 15rb yang masuk ke kantong pribadi mereka karena secara system, mereka hanya wajib menyetor 30rb saja ke pihak pengelola. Dan saya yakin, korbannya tidak hanya saya.

Sebenarnya saya mau memperpanjang urusan ini, tp mereka berulang2 minta maaf dan saya pikir cukup repot juga kalo memperpanjang urusan kayak gini. Ya udah, akhirnya saya meninggalkan area bandara rasa mangkel karena perjalanan yang harusnya lancer jadi terganggu urusan kayak gini.



Jadi untuk rekan2 semuanya, bila parkir di bandara juanda mungkin harus selalu minta print out parkir dan meneliti-nya apa benar tanggal dan jam kita masuk/keluar. Ya kecuali kalo kita mau dibohongin orang..hehehe.

Kalo saya siy, bukan hanya masalah uang, tapi dibujuki iki rek sing nggarakno mangkel�.hahahaha

</div>