Log in

View Full Version : �JENIS-JENIS KRL(Kereta Rel Listrik) DI INDONESIA�


Terdampar
3rd October 2012, 10:23 AM
Assalamualaikum Wr.Wb




Maaf Sebelumnya jika saya :repost:

Saya hanya ingin memperkenalkan jenis-jenis KRL[Kereta Rel Listrik] di Indonesia :D


1. KRL BN-HOLEC


[/spoiler] for pict:




http://a7.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/34833_1511003383556_1488529698_31037940_4226161_n. jpg








[/quote]





KRL Holec adalah unit KRL ekonomi termuda yang masih digunakan (meski tidak sebanyak dulu). KRL ini dibuat oleh Belanda dan melayani rute Ekonomi. Dari seluruh rangkaian ekonomi yang ada, KRL Holec tergolong paling sulit dirawat. Selain karena masalah suku cadang yang susah dicari (pabriknya sendiri sudah lama tutup), KRL ini pun juga sering mengalami mogok karena kelebihan beban. Sehingga banyak KRL eks Holec yang rusak, dijadikan KRDE (Kereta Rel Diesel Elektrik) yang dioperasikan di beberapa kota di luar Jakarta. "Rekondisi" KRL Holec adalah KRDE yang dioperasikan di rute Yogyakarta-Solo (Prameks), dan Padalarang-Cicalengka (Rencang Geulis).Sekarang masih tersisa 4 set diJabodetabek.1 Rangkaian = 2 Set






for KRD Rencang Geulis:




http://farm4.static.flickr.com/3481/3469521073_38e25e6c40_o.jpg








for KRD Prameks:




http://4.bp.blogspot.com/_vYE9bWMXvJo/TPJLMeicYZI/AAAAAAAAABA/vZvB5EuhQpY/s1600/Prameks.jpg







2. KRL Hitachi


for pict:




http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/205167_139196952815790_100001764585959_239036_8093 385_n.jpg














KRL ini dibuat pada tahun 1997 di PT INKA bekerjasama dengan Hitachi, dibuat sebanyak 64 unit (8 set) berteknologi VVVF. Kereta ini memiliki ciri yang khas yaitu ketika mulai bergerak sangat halus dan tidak menyentak. Jenis KRL ini adalah yang digunakan untuk Pakuan Ekspres kelas bisnis sampai akhirnya turun tingkat ketika era Tōei seri 6000 datang dari Jepang.





3. KRL ABB Hyundai


for pict:




http://2.bp.blogspot.com/_7opAnhnlDOQ/S8RnjYraM4I/AAAAAAAAAbs/oaRqJ0Ok34U/s1600/KRL+HYUNDAI+1.jpg














KRL ini dibuat atas kerjasama antara PT INKA dan Hyundai,dirakit di PT INKA pada tahun 1985-1992 dibuat sebanyak 8 gerbong (2 set) berteknologi VVVF dan disebut-sebut merupakan prototype kereta maglev yang dikembangkan Hyundai untuk jalur Seoul-Pusan. Saat ini KRL ABB Hyundai telah dikonversi menjadi KRDE dan beroperasi di jalur Surabaya-Mojokerto (Arek Surokerto).






for KRD Arek Surokerto:




http://farm6.static.flickr.com/5309/5560689453_f3a5748194.jpg







4. KRL Rheostat


for KRL Rheostat:




http://a4.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/217266_218987678112132_100000027049973_966380_7653 075_n.jpg








for KRL Rheostat Stainless Stell:




http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/206858_218987734778793_100000027049973_966381_3001 673_n.jpg














Sebagian besar rangkaian yang digunakan adalah buatan Jepang dari tahun 1976 sampai tahun 1987 dengan teknologi rheostat. Umumnya, KRL ini dibuat oleh perusahaan Nippon Sharyo, Hitachi dan Kawasaki dari Jepang, untuk melayani kelas KRL Ekonomi. Untuk KRL rheostat buatan pabrik Nippon Sharyo tahun 1987 (lihat gambar tiga KRL,paling kanan), rangkaian ini dulunya melayani rangkaian Pakuan Ekspres tahun 90-an. Setelah KRL Hibah (Tōei seri 6000) datang, KRL ini mulai terlupakan dan dijadikan rangkaian KRL Ekonomi. Khusus untuk KRL Rheostat yang datang pada tahun 1986-1987, bodinya sudah stainless steel dan merupakan KRL AC pertama di Indonesia. Untuk KRL buatan Nippon Sharyo tahun 1976, kereta ini sudah dicat ulang beberapa kali dari warna lamanya. Semula berwarna merah polos dengan 'wajah' kuning terang, kemudian putih-hijau (lihat gambar tiga KRL, paling kiri), dan kini kuning kecoklatan. Kedua KRL ini mulanya seperti KRL Ekonomi AC atau Ekspres, yakni pintunya dapat tertutup secara otomatis, dan cukup nyaman. Namun, seiring berjalannya waktu kedua KRL ini menurun kondisinya menjadi seperti sekarang ini.

Mulai 2010, KRL ini menggunakan skema warna putih dengan garis oranye di tengah. Pada 2009, juga telah dioperasikan KRL dengan modifikasi kabin, yang bernama "Djoko Lelono"






for KRL Djoko Lelono:




http://www2.ocn.ne.jp/~jbtbk/kl3-djokolelono.jpg







5. KRL Eks Toei 6000(Japan)


for pict:




http://farm4.static.flickr.com/3400/3270596681_8b4a2c08cb.jpg














KRL ini adalah KRL yang diimpor dari perusahaan KA milik Biro Transportasi Pemerintah Daerah Tokyo (Tōei), dalam rangka kerjasama strategis Indonesia-Jepang saat itu. Meramaikan jalur Jabotabek mulai tahun 2000, dioperasikan di sebagian besar rute untuk layanan ekspres dengan tambahan pendingin udara (AC). Karena asalnya, KRL ini sering disebut sebagai KRL hibah.

Pada mulanya, didatangkan 72 unit kereta dari Jepang dengan masing-masing rangkaian terdiri dari 8 kereta. Namun, pada akhirnya hanya sebanyak 3 rangkaianlah yang memiliki 8 kereta (set 6121F, 6161F, 6171F), sedangkan sisanya dijadikan enam kereta per rangkaiannya.

Sebagian rangkaian 6 kereta menggunakan kabin modifikasi, yang dibuat oleh Balai Yasa Manggarai.






[quote]





HASIL MODIFIKASI BALAI YASA MANGGARAI


for KRL Lohan:




http://farm4.static.flickr.com/3551/3689296227_0c9f1c23c7.jpg








for KRL Esspass:




http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/163048_192850574058800_100000015752146_749503_7683 559_n.jpg








for KRL Rakitan:




http://farm6.static.flickr.com/5049/5369770434_9931037abc.jpg








[spoiler=open this] for KRL Djoko Lelono 2:




http://i683.photobucket.com/albums/vv197/Ambulakral/DjokoLelono2.jpg













</div>