papaBear
8th May 2010, 12:30 PM
SUMBER (http://otomotif.kompas.com/read/xml/2010/03/17/13584344/nissan.leaf.sepaket.dengan.baterai.dijual.seharga. toyota.corolla)
http://www.kompas.com/data/photo/2010/03/17/1353042p.jpg
KOMPAS.com � Mobil listrik tidak lama lagi akan memasuki pasar secara komersial. Salah satunya adalah Nissan Leaf. Mobil ini sudah direncanakan akan mulai dijual di Amerika Serikat pada akhir tahun ini.
Karena itu pula, woro-woro-nya sudah gencar. Informasi lebih mendalam tentang mobil ini terus dipublikasi. Maklum, mobil listrik masih asing bagi kebanyakan orang, termasuk di negara paling maju, seperti Amerika Serikat.
Lantas, apa nilai tambah yang ditawarkan Nissan pada Leaf? Bagaimana harganya, apakah kompetitif? Semua itu sudah disiapkan oleh Nissan!
http://www.kompas.com/data/photo/2010/03/17/1355329p.jpg
Jarak tempuh
Jarak tempuh dalam sekali isi baterai adalah 160 km. Hasil ini merupakan kemampuan pertama yang ditawarkan oleh Nissan buat calon konsumennya. Berdasarkan survei, kemampuan itu sudah bisa memenuhi 95 persen pemakai kendaraan sehari-hari di Amerika Serikat. Di Indonesia, kondisi tersebut tentu saja tidak jauh berbeda!
Lantas bagaimana dengan harga? Menurut Nissan, harga Leaf yang sudah termasuk paket baterai li-ion sama dengan sedan di segmen dengan fitur lengkap. Segmen sedan tersebut adalah Toyota Corolla, Honda Civic, Chevrolet Cruze, dan Ford Focus. Di Indonesia, harganya di atas Rp 325 juta-Rp 375 juta. Leaf sendiri masuk dalam segmen C. Oleh karena itulah, wajar jika Leaf sudah banyak dipesan dari sekarang.
Strategi Nissan tidak langsung menyosor konsumen individual. Penyewaan mobil juga diincar. Dengan ini, konsumen tak perlu memilikinya secara langsung, tetapi bisa menyewa untuk mengetahui kemampuan kendaraan listrik ini lebih dulu.
Harga baterai sendiri belum diumumkan oleh Nissan. Namun, Leaf sesuai rencana akan diproduksi sebanyak 50.000 unit di pabriknya di Jepang dan akan dipasarkan di seluruh dunia. Untuk baterai, kapasitas pabriknya di Jepang adalah 65.000 unit per tahun. Pabrik baterai juga akan dibangun di Amerika Serikat pada 2011 dengan produksi 200.000 set baterai per tahun. Pabrik baterai juga akan dibangun di Inggris dan Portugal.
http://www.kompas.com/data/photo/2010/03/17/1357052p.jpg
Kemampuan
Jarak yang dihasilkan dari baterai adalah 160 km sekali isi. Hal ini sesuai dengan metode mengemudi di dalam kota standar EPA, AS. Mobil meluncur di bawah kecepatan 150 kpj atau kecepatan tertinggi Leaf. Hasil ini belum termasuk pengoperasian pada mode �ECO� yang diperkirakan bisa memperpanjang jarak tempuh 15-20 persen. Selain itu, ada juga model �running out of juice� yang membuat mobil akan menurunkan penggunaan energi, termasuk untuk operasional aksesori.
Bagaimana kalau baterai tiba-tiba habis dan tempat pengisian tidak ada? �Sebelum habis, pengemudi diberi peringatan, seperti mobil konvensional ketika bensinnya sudah tipis,� papar Mark Perry, Direktur Produk Planning Nissan Amerika.
Sesuai rencana, Nissan juga akan bekerja sama dengan AAA untuk charger khusus dan akan mengisi baterai dalam beberapa menit. Dengan begitu, mobil bisa melanjutkan perjalanan ke tempat pengisian umum. Oleh karena itu pula, mobil ini dilengkapi sistem navigasi yang bisa menunjukkan tempat pengisian umum listrik terdekat!
http://www.kompas.com/data/photo/2010/03/17/1358062p.jpg
Umur baterai
Pertanyaan berikutnya, berapa umur pakai baterai li-ion? Berdasarkan undang-undang di California, umurnya harus 10 tahun atau garansi 240.000 km. Adapun garansi dari federal hanya 8 tahun atau 128.000 km. Menurut Perry, paket baterai generasi pertama hanya akan memiliki kemampuan 70-80 persen setelah digunakan 10 tahun.
Baterai yang digunakan adalah li-ion dengan pelapis densitas tinggi plus katoda yang dibuat dari mangan oksida. Baterai ini memiliki hambatan internal yang rendah dengan stabilitas panas yang baik. Baterai Leaf dikembangkan oleh Nissan bersama NEC, yang disebut juga dengan nama Automotive Energy Supply Corp (AESC).
Berat paket baterai adalah 218 kg dan sudah termasuk modul kontrol. Kapasitas totalnya adalah 24kWh, dengan densitas energi sel 140W-h/kg. Adapun bobot sel sekitar 171 kg. Sementara itu, motor listrik dipasang pada transaksel dengan kemampuan 80 kW dan torsi 280 Nm.
Walau demikian, berat kendaraan belum diumumkan. Adapun jarak sumbu roda Leaf adalah 2.700 mm dan panjang 4.445 mm.
Lama pengisian
Pengisian baterai mobil menggunakan dua konektor pengisi. Satu untuk listrik di rumah dengan tegangan minimum 200 volt, dan kedua untuk pengisian cepat. Waktu pengisian di rumah adalah 6-8 jam. Bila menggunakan pengisi khusus, pengisian selama 30 menit sudah bisa mengisi 80 persen baterai.
Ketika dicolokkan ke stop kontak, sistem IT pada mobil bisa diprogram melalui telepon seluler. Sistem itu termasuk untuk mengatur kondisi ruang penumpang, mengaktifkan suhu pemanas, dan sistem AC.
Seperti mobil hibrida, Leaf dirancang dengan menggunakan komponen yang ditujukan untuk mengirit bahan bakar, termasuk ban dengan hambatan gelinding rendah. Namun, untuk bodi, hambatan (cd) Leaf lebih tinggi dari Prius, dengan perbandingan 0,25 dan 0,29
Seperti mendapat angin surga, Nissan akan melanjutkan proyek kendaraan listrik berikutnya, versi komersial kecil plus mewah melalui Infiniti.
ZBJ
Editor: zbj
--- harapan TS : semoga segera masuk pasar Indonesia :hope: ---
http://www.kompas.com/data/photo/2010/03/17/1353042p.jpg
KOMPAS.com � Mobil listrik tidak lama lagi akan memasuki pasar secara komersial. Salah satunya adalah Nissan Leaf. Mobil ini sudah direncanakan akan mulai dijual di Amerika Serikat pada akhir tahun ini.
Karena itu pula, woro-woro-nya sudah gencar. Informasi lebih mendalam tentang mobil ini terus dipublikasi. Maklum, mobil listrik masih asing bagi kebanyakan orang, termasuk di negara paling maju, seperti Amerika Serikat.
Lantas, apa nilai tambah yang ditawarkan Nissan pada Leaf? Bagaimana harganya, apakah kompetitif? Semua itu sudah disiapkan oleh Nissan!
http://www.kompas.com/data/photo/2010/03/17/1355329p.jpg
Jarak tempuh
Jarak tempuh dalam sekali isi baterai adalah 160 km. Hasil ini merupakan kemampuan pertama yang ditawarkan oleh Nissan buat calon konsumennya. Berdasarkan survei, kemampuan itu sudah bisa memenuhi 95 persen pemakai kendaraan sehari-hari di Amerika Serikat. Di Indonesia, kondisi tersebut tentu saja tidak jauh berbeda!
Lantas bagaimana dengan harga? Menurut Nissan, harga Leaf yang sudah termasuk paket baterai li-ion sama dengan sedan di segmen dengan fitur lengkap. Segmen sedan tersebut adalah Toyota Corolla, Honda Civic, Chevrolet Cruze, dan Ford Focus. Di Indonesia, harganya di atas Rp 325 juta-Rp 375 juta. Leaf sendiri masuk dalam segmen C. Oleh karena itulah, wajar jika Leaf sudah banyak dipesan dari sekarang.
Strategi Nissan tidak langsung menyosor konsumen individual. Penyewaan mobil juga diincar. Dengan ini, konsumen tak perlu memilikinya secara langsung, tetapi bisa menyewa untuk mengetahui kemampuan kendaraan listrik ini lebih dulu.
Harga baterai sendiri belum diumumkan oleh Nissan. Namun, Leaf sesuai rencana akan diproduksi sebanyak 50.000 unit di pabriknya di Jepang dan akan dipasarkan di seluruh dunia. Untuk baterai, kapasitas pabriknya di Jepang adalah 65.000 unit per tahun. Pabrik baterai juga akan dibangun di Amerika Serikat pada 2011 dengan produksi 200.000 set baterai per tahun. Pabrik baterai juga akan dibangun di Inggris dan Portugal.
http://www.kompas.com/data/photo/2010/03/17/1357052p.jpg
Kemampuan
Jarak yang dihasilkan dari baterai adalah 160 km sekali isi. Hal ini sesuai dengan metode mengemudi di dalam kota standar EPA, AS. Mobil meluncur di bawah kecepatan 150 kpj atau kecepatan tertinggi Leaf. Hasil ini belum termasuk pengoperasian pada mode �ECO� yang diperkirakan bisa memperpanjang jarak tempuh 15-20 persen. Selain itu, ada juga model �running out of juice� yang membuat mobil akan menurunkan penggunaan energi, termasuk untuk operasional aksesori.
Bagaimana kalau baterai tiba-tiba habis dan tempat pengisian tidak ada? �Sebelum habis, pengemudi diberi peringatan, seperti mobil konvensional ketika bensinnya sudah tipis,� papar Mark Perry, Direktur Produk Planning Nissan Amerika.
Sesuai rencana, Nissan juga akan bekerja sama dengan AAA untuk charger khusus dan akan mengisi baterai dalam beberapa menit. Dengan begitu, mobil bisa melanjutkan perjalanan ke tempat pengisian umum. Oleh karena itu pula, mobil ini dilengkapi sistem navigasi yang bisa menunjukkan tempat pengisian umum listrik terdekat!
http://www.kompas.com/data/photo/2010/03/17/1358062p.jpg
Umur baterai
Pertanyaan berikutnya, berapa umur pakai baterai li-ion? Berdasarkan undang-undang di California, umurnya harus 10 tahun atau garansi 240.000 km. Adapun garansi dari federal hanya 8 tahun atau 128.000 km. Menurut Perry, paket baterai generasi pertama hanya akan memiliki kemampuan 70-80 persen setelah digunakan 10 tahun.
Baterai yang digunakan adalah li-ion dengan pelapis densitas tinggi plus katoda yang dibuat dari mangan oksida. Baterai ini memiliki hambatan internal yang rendah dengan stabilitas panas yang baik. Baterai Leaf dikembangkan oleh Nissan bersama NEC, yang disebut juga dengan nama Automotive Energy Supply Corp (AESC).
Berat paket baterai adalah 218 kg dan sudah termasuk modul kontrol. Kapasitas totalnya adalah 24kWh, dengan densitas energi sel 140W-h/kg. Adapun bobot sel sekitar 171 kg. Sementara itu, motor listrik dipasang pada transaksel dengan kemampuan 80 kW dan torsi 280 Nm.
Walau demikian, berat kendaraan belum diumumkan. Adapun jarak sumbu roda Leaf adalah 2.700 mm dan panjang 4.445 mm.
Lama pengisian
Pengisian baterai mobil menggunakan dua konektor pengisi. Satu untuk listrik di rumah dengan tegangan minimum 200 volt, dan kedua untuk pengisian cepat. Waktu pengisian di rumah adalah 6-8 jam. Bila menggunakan pengisi khusus, pengisian selama 30 menit sudah bisa mengisi 80 persen baterai.
Ketika dicolokkan ke stop kontak, sistem IT pada mobil bisa diprogram melalui telepon seluler. Sistem itu termasuk untuk mengatur kondisi ruang penumpang, mengaktifkan suhu pemanas, dan sistem AC.
Seperti mobil hibrida, Leaf dirancang dengan menggunakan komponen yang ditujukan untuk mengirit bahan bakar, termasuk ban dengan hambatan gelinding rendah. Namun, untuk bodi, hambatan (cd) Leaf lebih tinggi dari Prius, dengan perbandingan 0,25 dan 0,29
Seperti mendapat angin surga, Nissan akan melanjutkan proyek kendaraan listrik berikutnya, versi komersial kecil plus mewah melalui Infiniti.
ZBJ
Editor: zbj
--- harapan TS : semoga segera masuk pasar Indonesia :hope: ---