papaBear
6th May 2010, 03:13 PM
SUMBER (http://otomotif.kompas.com/read/xml/2010/02/28/0839515/nih.kalau.mau.bikin.mobil.tampil.hellaflush)
http://www.kompas.com/data/photo/2010/02/28/0836462p.jpg
KOMPAS.com � Dalam rubrik modifikasi, Kompas.com pernah menampilkan Lexus beraliran Hellaflush, Kamis (25/2/2010), punya anak Indonesia di Amerika. Aliran Hellaflush yang dimaksud adalah mobil tampil ceper dan keempat roda memepet sepatbor plus velg ber-offset agresif.
Gaya ini memang lagi tren, tapi bukan suatu terobosan karena modifikasi seperti ini sudah pernah muncul pada era 1970-an. Bedanya, gaya yang sekarang lebih ekstrem dan mobil bisa melesat dengan kecepatan sedang karena (ada yang) dilengkapi suspensi udara.
http://www.kompas.com/data/photo/2010/02/28/0830189p.jpg
Nah, kalau Anda ingin merombak tampilan mobil agar bisa bergabung dengan sesama komunitas Hellaflush, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
� Velg unik. Cari ukuran velg yang unik dengan lebar rata-rata. Usahakan dengan offset kecil. Misalnya 16 x 8 ber-offset 20 mm. Jika dapat velg lebar, maka tampilan semakin bagus karena lebih mudah dibuat memepet ke sepatbor.
� Velg 3-piece. Konstruksi velg ini bisa diaplikasi, tetapi outer lips diganti yang lebih celong atau barrel diganti dengan yang lebih lebar. Contohnya, BBS seri RS, OZ Futura, atau OZ Turbo.
� Ukuran ban unik. Bila dapat velg 16 x 7, cari ban 165/45/16. Risikonya, tapak ban jadi kecil. Alternatif lain, bisa pakai ban 19/45/16 atau 195/40/16. Meski jatuhnya tidak terlalu narik, tapi hasilnya masih enak dilihat.
http://www.kompas.com/data/photo/2010/02/28/0833262p.jpg
� Merek ban. Perhatikan mereknya karena masing-masing mempunyai bentuk sidewall berbeda-beda. Ada yang mempunyai karakter tak kuat untuk ditarik.
� Kondisi velg. Bagian ini harus bagus dan tidak ada yang peyang di bagian pinggul agar angin tak keluar.
� Pilih suspensi. Pakai suspensi yang ketinggiannya bisa diatur. Pilihannya, ada suspensi adjustable atau air suspension.
� Potong per. Hal ini boleh saja dilakukan, hanya kurang praktis dalam menyetel ketinggian. Walau begitu, memotong per memberikan nilai seni dan tantangan saat mengerjakannya.
� Sepatbor. Bagian ini wajib di-roll, malah kalau tega gerinda saja bagian lipatannya karena tak boleh ada celah antara ban dan sepatbor.
http://www.kompas.com/data/photo/2010/02/28/0834227p.jpeg
� Camber kit. Ini adalah anjuran agar ban bisa masuk ke dalam sepatbor. Keuntungan lain, bila jalan bergelombang, maka ban akan mengayun masuk lebih dalam secara otomatis.
� Tes. Lakukan tes jalan untuk mendapatkan penyetelan yang pas.
� Gesekan. Bila terjadi gesekan-gesekan kecil, itu adalah hal yang biasa. Yang penting, perhatikan fitment (offset, lebar velg, dan ban). (Angga)
--- padahal TS sendiri ga ngerti yg dimaksud Hellaflush :malu2: ---
http://www.kompas.com/data/photo/2010/02/28/0836462p.jpg
KOMPAS.com � Dalam rubrik modifikasi, Kompas.com pernah menampilkan Lexus beraliran Hellaflush, Kamis (25/2/2010), punya anak Indonesia di Amerika. Aliran Hellaflush yang dimaksud adalah mobil tampil ceper dan keempat roda memepet sepatbor plus velg ber-offset agresif.
Gaya ini memang lagi tren, tapi bukan suatu terobosan karena modifikasi seperti ini sudah pernah muncul pada era 1970-an. Bedanya, gaya yang sekarang lebih ekstrem dan mobil bisa melesat dengan kecepatan sedang karena (ada yang) dilengkapi suspensi udara.
http://www.kompas.com/data/photo/2010/02/28/0830189p.jpg
Nah, kalau Anda ingin merombak tampilan mobil agar bisa bergabung dengan sesama komunitas Hellaflush, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
� Velg unik. Cari ukuran velg yang unik dengan lebar rata-rata. Usahakan dengan offset kecil. Misalnya 16 x 8 ber-offset 20 mm. Jika dapat velg lebar, maka tampilan semakin bagus karena lebih mudah dibuat memepet ke sepatbor.
� Velg 3-piece. Konstruksi velg ini bisa diaplikasi, tetapi outer lips diganti yang lebih celong atau barrel diganti dengan yang lebih lebar. Contohnya, BBS seri RS, OZ Futura, atau OZ Turbo.
� Ukuran ban unik. Bila dapat velg 16 x 7, cari ban 165/45/16. Risikonya, tapak ban jadi kecil. Alternatif lain, bisa pakai ban 19/45/16 atau 195/40/16. Meski jatuhnya tidak terlalu narik, tapi hasilnya masih enak dilihat.
http://www.kompas.com/data/photo/2010/02/28/0833262p.jpg
� Merek ban. Perhatikan mereknya karena masing-masing mempunyai bentuk sidewall berbeda-beda. Ada yang mempunyai karakter tak kuat untuk ditarik.
� Kondisi velg. Bagian ini harus bagus dan tidak ada yang peyang di bagian pinggul agar angin tak keluar.
� Pilih suspensi. Pakai suspensi yang ketinggiannya bisa diatur. Pilihannya, ada suspensi adjustable atau air suspension.
� Potong per. Hal ini boleh saja dilakukan, hanya kurang praktis dalam menyetel ketinggian. Walau begitu, memotong per memberikan nilai seni dan tantangan saat mengerjakannya.
� Sepatbor. Bagian ini wajib di-roll, malah kalau tega gerinda saja bagian lipatannya karena tak boleh ada celah antara ban dan sepatbor.
http://www.kompas.com/data/photo/2010/02/28/0834227p.jpeg
� Camber kit. Ini adalah anjuran agar ban bisa masuk ke dalam sepatbor. Keuntungan lain, bila jalan bergelombang, maka ban akan mengayun masuk lebih dalam secara otomatis.
� Tes. Lakukan tes jalan untuk mendapatkan penyetelan yang pas.
� Gesekan. Bila terjadi gesekan-gesekan kecil, itu adalah hal yang biasa. Yang penting, perhatikan fitment (offset, lebar velg, dan ban). (Angga)
--- padahal TS sendiri ga ngerti yg dimaksud Hellaflush :malu2: ---