Log in

View Full Version : [HOT] Teknologi Canggih Crossplane Crankshaft di YZR M1 MotoGP


sleepingbaby
28th May 2012, 06:32 AM
Halo gan...buat yang suka ma motoGP, pasti gak asing dengan crossplane crankshaft di mesin Yamaha YZR M1. Apa sih sebenernya sistem itu....nih gan..ane coba jelaskan....


[/quote][quote]





http://images.motorcycle-usa.com/PhotoGallerys/xlarge/Jorge-Lorenzo-Estoril.jpg






[/spoiler] for crossplane crankshaft:




Halo bro�akhir-akhir ini di dunia blog ane baca banyak yang penasaran dengan apa sih sebenernya crossplane crankshaft. Hmmmm�.sistem crossplane crankshaft ini memang naik daun setelah YZR M1 banyak memenangkan kejuaraan di tangan Rossi sejak tahun 2004. Kemudian, Yamaha mengaplikasikannya di motor Superbike mereka, R1. Padahal brooo�sebenernya sistem crossplane crankshaft udah diaplikasikan oleh Cadillac di mobil mereka pada tahun 1923! Selain itu, crossplane crankshaft sebenarnya lebih dikenal terlebih dahulu di mesin V8, di muscle car Amerika! Hohoho�yuk bro�kita obrolin aja biar jelas apa sebenernya crossplane crankshaft�

https://ngobrolmotor.files.wordpress.com/2012/05/cshaft.gif?w=646&h=486



Gini, buat mempermudah, apa sih sebenernya crankshaft itu? Crankshaft dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai poros engkol atau kruk as. Bagian ini berfungsi mengubah gerakan naik turun piston menjadi gerakan memutar/ horizontal yang kemudian disalurkan menjadi gerak motor. Oke�sampai di sini jelas�.? Bisa diliat di animasi di atas bro�warna merah adalah crankshaft alias kruk as, abu-abu adalah piston, biru adalah silinder dan hitam adalah flywheel. Oke, kalau disini jelas, kita lanjut ke konvigurasi mesin inline four, karena crossplane crankshaft diaplikasikan di mesin inline four dan V8. Lah kok V8 bisa pake�.kan V8 sama aja kaya mesin inline four digabungin bentuk V brooo�.












for flatplane crankshaft:




Mesin inline 4 �Normal� alias �Flatplane�



Seperti gambar diatas, pada mesin inline 4 flatplane, saat piston 1-4 naik, piston 2-3 turun. Kita anggap aja piston paling kiri adalah piston 1, di sebelahnya piston 2, 3 dan paling kanan adalah piston 4. So, apa yang terjadi di sini? Pada mesin inline 4 flatplane, ada keseimbangan yang �sempurna�, karena gaya yang dihasilkan saat piston 1 dan 4 naik langsung diredam oleh piston 2 dan 3. Lalu, kenapa dinamakan Flatplane? Karena kruk as alias crankshaft nya sejajar tapi saling berlawanan�lihat aja gambar di bawah�. Yupp�.untuk piston 1 dan 4 menghadap ke atas, sedangkan untuk piston 2 dan 3 menghadap ke bawah. Artinya, piston 1 dan 4 meledak tiap 180 derajat dan pada putaran 180 derajat selanjutnya baru piston 2 dan 3 meledak! Oke, sampai disini jelas kan�.? Lanjut ke crossplane crankshaft!










for crossplane crankshaft:




Mesin inline 4 �Crossplane�



Mesin inline 4 dengan sistem ini memiliki gerak piston yang sangat berbeda dengan gerak piston mesin flatplane. Pada sistem crossplane crankshaft, empat piston meledak bergantian secara lebih rapat tiap 90 derajat brooo�. Artinya, saat piston 1 meledak, 90 derajat berikutnya piston 2 meledak�dan berturut turut sampai piston 4. Artinya lagi�saat piston 1 berada di atas (top silinder), piston 2 berada hampir di samping bawahnya, piston 3 pun begitu� Biar lebih jelas liat aja gambar di bawah bro�.

https://ngobrolmotor.files.wordpress.com/2012/05/1.jpg?w=545&h=275

Kiri: Inline 4 flatplane, Kanan: inline 4 crossplane

Lha terus, kenapa namanya crossplane bro�? Cross artinya apa hayo�artinya silang kaaann�? Cara kerja crossplane crankshaft kan menyilang bro�.karena tiap piston terbakar tiap 90 derajat, maka dibutuhkan pegangan alias kruk as yang saling menyilang. Hmmm�lagi-lagi gambar menceritakan seribu kata�monggo diintip gambar dibawah�

https://ngobrolmotor.files.wordpress.com/2012/05/2.jpg?w=545&h=186

Kiri: Inline 4 flatplane, Kanan: inline 4 crossplane












[spoiler=open this] for crossplane crankshaft:




Kenapa Yamaha beda?



Lalu, kenapa di sistem Yamaha kayanya beda�kayanya empat piston itu gak berderet rata tuh? Hmmm�tiap pabrikan memang selalu mencari sudut pembakaran terbaik untuk tiap pistonnya. Kalau dilihat, dari gambar dibawah, Yamaha mengaplikasikan sistem yang kaya gini bro�.

https://ngobrolmotor.files.wordpress.com/2012/05/2009_r1_crossplane-engine-ps.png?w=545&h=331

Piston 1 (paling kiri) meledak terlebih dahulu, kemudian piston 2 (sebelah kanannya), piston 4 dan terakhir piston 3. Walaupun urutan ledakan pistonnya berbeda�tetapi sistem yang dipakai tetap sama�crossplane�



Hohoho�gimana..semoga rada tercerahkan yaa�..di edisi lain ane insyaAllah mencoba mbahas tentang apa konsekuensi dari sistem crossplane crankshaft dan mengapa crossplane memiliki suara mesin yang khas!



Okeee�silakan dikunyah dan berdiskusi�..monggooo�.











SUMBER DISINI (http://ngobrolmotor.wordpress.com/) GAN....

Buat yang suka motor, CBR, Satria FU, MotoGP, ada di blog ane (http://ngobrolmotor.wordpress.com/) juga gan...

</div>