PDA

View Full Version : 7 Tipe Customer FJB yang menyebalkan dan Solusinya


pingpong
27th May 2012, 11:35 PM
This Thread is proudly Present by




http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/398289_349000108490419_266123480111416_981352_4393 06430_n.jpg

(http://ceriwis.us/showthread.php?t=13366869)

Teman-teman yang pernah jualan di FJB tentunya sudah menjumpai berbagai tipe customer mulai dari yang ramah, sampai yang menyebalkan. Sebagai salah seorang seller di FJB, saya pun pernah bertemu dengan berbagai macam customer yang menyebalkan. Oleh karena itu, saya ingin berbagi pengalaman dengan teman-teman sekalian. Berikut adalah tipe-tipe customer yang menyebalkan beserta solusi untuk menghadapinya :




[/quote]





1. Customer yang gak sabaran waktu order



Teman-teman mungkin pernah, ketika mendapat order, malah dimarah-marahi sama customer , " Lama amat sih balesnya? Niat jualan gak sih?" Wah kesel juga ya kalo digituin, padahal seller FJB kan bukan robot. Kita ini manusia yang tentunya punya keperluan-keperluan yang harus kita kerjakan selain melayani customer. Masa kita mau mandi mesti bawa-bawa handphone??



Solusi : Kita sediakan waktu khusus untuk menghubungi kita, misal malam hari pukul 18.00 sampai 24.00...Dengan demikian kegiatan-kegiatan kita tetap berjalan lancar dan tidak terganggu. Kita pun bisa fokus melayani customer saat waktunya tiba













2. Customer yang minta COD-an tapi gak jadi beli



Teman-teman pernah COD-an? Pernah sudah datang jauh-jauh dan habis ongkos yang lumayan... eeeehhhh ternyata gak jadi beli,,,, "capedeh"....



Solusi : Sebelum melakukan COD, minta customer untuk membayar juga ongkos kita pulang pergi tempat COD dan tetap berlaku walaupun customer tidak jadi beli.Atau cara lain, pilih lokasi COD yang tidak memberatkan ongkos dan tenaga teman-teman












3. Customer yang Hit and Run



Pernah disms atau ditelpon customer yang menjanjikan pembelian? Namun malah gak ada kabarnya dan saat di-sms malah gak dibales?



Solusi : Kalau dari pengalaman saya selama berjualan, coba terus follow up dia. Apabila tidak dibalas, keluarkan kalimat sakti berikut : " Halo mas, gimana nih, jadi gak beli barangnya? Kalo gak jadi juga gak apa2, asal ada kabar aja :)". Kalau dari pengalaman saya, kurang lebih 80-90% customer saya akhirnya jadi membeli barang tersebut.












4. Customer yang minta revisi terus



Bagi teman-teman yang bisnisnya dalam bidang kreatif (misal mendesain dan mencetak kaos), mungkin sering menemukan pembeli yang rewel, minta revisi terus. Awalnya minta ini terus ganti itu, eh gak jadi malah minta yang semula lagi. Akhirnya waktu kita terbuang, pesenan-pesenan yang lain jadi tertunda



Solusi : Dalam keterangan produk teman-teman berikan penjelasan bahwa boleh revisi misal sampai 1x. Apabila lebih dari 1x maka di-charge misalnya Rp 5.000 per revisi. Dengan begini maka customer akan berpikir seefektif mungkin untuk tidak melakukan revisi












5. Customer yang minta diskon padahal sudah net



Wah ini paling sering dijumpai nih. Di lapak sudah kita beri keterangan "HARGA NET". Tau-tau muncul Komen, " Minta SUPERNETnya gan" :ngakak:



Solusi : Untuk menyiasatinya, tawarkan edisi ekonomis dari produk kita dengan harga lebih murah. Misal teman-teman jualan kue tart, " Bisa lebih murah, tapi ukurannya kita perkecil ya". Atau jika teman-teman sulit melakukan penyesuaian terhadap produknya, teman-teman bisa menyiasatinya dengan menawarkan pengiriman dengan tarif yang lebih murah (misal pakai layanan OKE di JNE)












6. Customer yang gak sabaran menunggu pengiriman



"Gan barangnya kok gak nyampe-nyampe?" mau nipu ya?" Zzzzzz.... Padahal kita sama sekali tidak bisa mengendalikan lama atau cepatnya pengiriman yang dilakukan oleh jasa pengiriman yang kita pilih loh, kok jadi kita yang kena?



Solusi : Setelah barang dikirim, saat menginformasikan nomer resi, berikan nomor kantor pusat dari jasa pengiriman yang teman-teman pilih... Mintalah customer untuk menghubungi nomer tersebut apabila terjadi keterlambatan












7. Customer yang curigaan



"Gan , ini beneran dikirim kan nanti, Agan gak nipu kan?" Wah...wah...wah,belum apa-apa sudah dituduh yang macem-macem.... Dalem hati pingin nuntut dia dengan tuduhan pencemaran nama baik tuh :ngakak:



Solusi : Pasang testimonial yang bisa dipercaya,tambahkan testiminial berupa foto kalau perlu. Cara lain adalah dengan mengajak COD-an





Sekian Tips-tips dari ane, apabila agan-agan punya tips yang lain boleh dishare supaya kita semua bisa lebih aman dalam melakukan pengiriman.



Jangan Lupa untuk :rate5 dan :melonndan: apabila thread ini berguna bagi agan-agan sekalian




Tambahan dari agan fro23n


[quote]






Originally Posted by fro23n
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=000000000000000673244248#post0000 00000000000673244248)


Masih banyak yang ane alamain cutomer yg model2 bikin jengkel lainnya



Customer yang suka order mepet

Pernah akan ada customer yang pesen mepet. Kaya minta pesen barang harus sampai besok karena besok buat kado. Ada juga pengalaman customer pesan mepet tapi ga kasih kabar. Barang ga sampai sesuai perkiraan hari yg ditentukan dianya bingung.





Customer yang merasa dirinya paling benar atau raja atau ga tau diri (zero tolerance)

Pernah kan dapet customer klo kita salah baca atau kelewat baca sms. Orangnya ga mau tau. Tapi klo dia salah sok benar kaya almatnya pengiriman salah dia kasihnya kita yang dimaki2





Customer yang tukang cek harga 'n tukang tanya plus iseng

Ada juga customer yang emang sejak awal ga beli nanya2 doang berkali2 di jam,hari,bulan yang berbeda. Cuman tanya doang ga beli





Customer yang ngajak konsultasi

Ada juga customer yang ngajak konsultasi tanya barang kita kelabihan apa dan sebagainya. Eh taunya beli di tempat lain abis itu tanya penggunaaanya ke kita gimana habis beli di toko seberang





Customer yang suka nantang

Ini yang paling parah dapet customer suka nantang. Minta harga murah atau service ok. Kita ok dengan syarat dan kondisi tertentu. Eh ga nongol2. Kaya minta harga potong kita kasih potongan tapi transfer hari ini. Dianya ga berani





dan masih banyak lagi



Intinya sebagai seller ya sabar aja.

Klo udah ga kuat nomernya sama dan klo tanya jengekelin ya ga usah dibalas








</div>

cienan
15th May 2013, 04:26 PM
emang ngesilin ndan