Log in

View Full Version : tips menjadi seller online shop yang baik


lumpiabasah
27th May 2012, 11:29 PM
mungkin ane belum disebut seller online shop yang baik, tapi ane coba belajar dan belajar bagaimana online shop dapat dipercaya costumer, jadi recomended seller yang baik... mungkin dibawah ini ada tips-tips untuk menjadi seller online shop yang baik..



kalau share ane nice, jangan lupa ikhlasin :melonndan: nya ya gan...



- Bersikap ramah dan sabar serta rendah hati

tipe buyer yang dihadapi itu sangat beraneka ragam, jadi berusaha pahamilah

mereka dan ajarkan mereka dengan sikap baik anda dalam melayani calon customer/

customer/client dengan pelayanan yang sempurna dari awal hingga akhir, demi

kepuasan calon customer/customer/client anda.



- Memberikan pelayanan dan respon yang cepat

semakin anda memberikan pelayanan dengan respon yang cepat, customer anda akan

senang, karena calon customer/customer/client tidak senang menunggu. Sediakan

waktu dan belajarlah untuk gerak cepat dengan benar.



- Memiliki etika bisnis yang baik

tidak melakukan spam, mencuri customer dari seller lain, menjelekkan/menjatuhkan

seller pesaing anda, menjaga hubungan jangka panjang, menjaga rahasia dan

data customer, selalu mengingat customer kita yang pernah membeli



- cepat tanggap dalam konfirmasi hubungan transaksi antara seller dan buyer

pada saat order dan terjadi transaksi, hubungan komunikasi dijaga agar lancar

tidak ada miss komunikasi diantara seller dan buyer dari awal hingga akhir.

Jika terjadi kesalahpahaman segera perbaiki. Dengan adanya feedback konfirmasi

yang cepat tanggap customer merasa tenang dan aman. Pahami jika anda berada di

pihak sebagai buyer.



- Pengiriman yang tepat waktu dan jelas

Setelah transaksi dan pembayaran selesai, beritahukan bukti no resi pengiriman

yang dapat di cek secara online, packaging yang baik, pemberitahuan kapan pengiriman

dilakukan dan berapa hari dapat diterima oleh customer dengan baik.



- Memiliki sopan santun

bertutur kata yang sopan dari awal hingga akhir, layani customer dengan baik

dan katakan terima kasih sebagai tanda bahwa kita menghargai customer yang telah

memilih os kita untuk berbelanja.



- Selalu menjaga nama baik OS di mata buyer

bisnis online itu tidak beda dengan bisnis offline hanya saja di dunia maya

tidak saling melihat 1 sama lain (kecuali menggunakan webcam hehe), oleh karena

itu nama baik itu penting, jagalah nama baik anda demi calon customer/newbies, mempertahankan

customer anda, serta demi perkembangan os anda di masa yang akan datang. Jangan

pernah menipu customer anda. Walaupun ada yang sirik ingin menjatuhkan anda di belakang

, tetaplah yakin bahwa bisnis ol yang anda jalankan dan nama baik anda tetap terjaga,

persaingan semakin ketat, tidak jarang banyak terjadi persaingan tidak sehat. Jadilah contoh

orang yang yakin dengan bisnis osnya. orang yang baik pasti ada jalan dan dijaga oleh mereka

yang baik. Tuhan tidaklah buta.



- Memberikan gift / diskon sebagai tanda terima kasih

Memberikan souvenir / hadiah kecil-kecilan dapat membuat customer anda tersenyum,

apalagi ditambah diskon :)



- Jujur tidak ada unsur penipuan

Janganlah menipu, khususnya bagi mereka buyer yang newbies yang buta dengan

kata-kata marketing dengan iklan wah serta barang elektro yang murmer, janganlah

menipu akan merusak nama baik anda dan menambah karma buruk anda. Hukum karma itu

bagaikan gema, bukanlah sesuatu yang buruk bisa dilakukan dengan kebaikan akan

mengurangi karma buruk kita. baik dapat baik, buruk dapat buruk semua itu terpisah.

contoh :

kita menipu customer kita dengan menjual HP BM onyx cuma 1 juta, lalu customer beli

tapi seller kabur setelah menerima uang tersebut. Walaupun terjadi karena kebodohan

customer, tetap seller yang menipu menanam karma buruk, jika ia pikir uang 1 juta

yang diambil 800rb untuk dirinya dan 200rb untuk disumbangkan, atau 500rb untuk

dirinya 500rb untuk disumbangkan, bahkan bertobat 1jt disumbangkan, hal itu tidak

membuat dirinya lepas dari hukum karma. uang yang disumbangkan bukan uang yang hala,

tidak ada pahala di dalamnya, tetapi ia akan tetap kehilangan suatu hari uang dengan

jumlah yang sama kemudian orang yang mencuri uang darinya akan melakukan hal yang sama.

pahamkah? Jika anda mencuri dari customer anda 1 juta, jika anda bertobat kembalikan

uang itu kepada orang yang anda tipu. Maka hutang anda lunas yang sebenarnya.



- Informasi produk selengkap-lengkapnya

berikan informasi produk disertai gambar lebih baik dengan harga yang ditawarkan,

jika tidak ada harga berikan pilihan SMS or CALL. Jangan CALL saja, terkesan anda

seperti menganggap diri anda seller yang penting (anggapan yang call itu yang benar

niat beli). Customer itu raja/ratu selama uang ada di tangan mereka, jika uang di tangan

seller kedudukan barulah berubah. Hargai mereka seperti anda membeli produk dan

meminta penjelasan produk sejelas-jelasnya.



- Memberikan harga yang bersaing sesuai dengan kualitas dan kelangkaan produk

bisnis online makin pesat dan persaingan makin sangar, saling menjatuhkan harga

bukanlah bisnis yang sehat, apa bedanya jika kita memiliki produk yang tadinya

bisa untung 25.000 dengan barang yang harganya dijatuhkan dan terjual 5 dengan

untung 25.000, 1 produk untung 25rb = 5 produk untung 25rb. Kuantitas penjualan

bertambah, omzet bertambah tapi keuntungan omzet sama saja? Jualah produk dengan

insting bisnis anda, berikan harga yang sesuai dengan kualitas serta kelangkaan

produk. Jangan membuat susah bisnis anda sendiri dengan pesaing-pesaing anda

yang belum tentu itu penjual sebenarnya.



- Meminta dengan baik mengenai saran dan kritik yang membangun setelah membeli produk dan menerima produk tersebut.

setelah semua selesai, alangkah baiknya jika kita menawarkan customer untuk

bersuara mengenai os kita. Berikan hak suara jujur dari mereka karena ini demi

kelangsungan os kita juga di mata para newbies.



- Mudah dihubungi baik KASKUS / SMS / CALL / via FB / via YM / via telepon

berikan kontak yang mudah dihubungi khusus bisnis anda.



- Berikan waktu tenggang pembayaran

berikan mereka waktu tenggang pembayaran, janganlah terburu-buru serta

memaksakan mereka.



- Jadikan teman anda / sahabat anda suatu hari nanti

dunia itu luas, walaupun makin hari manusia makin individualis di balik sebagai makhluk

sosial, jadilah teman dan sahabat mereka karena mungkin ke depannya kita dapat bekerjasama

untuk os yang lebih baik ke depannya. teman / sahabat yang menguntungkan 1 sama lain



nah, bagaimana caranya untuk menjadi buyer yang baik...??? mungkin yang posting tau cara-caranya...

</div>