Log in

View Full Version : sejarah mazda 787B menakhlukan Le Mans (1991)


bakwanmalang
27th May 2012, 07:31 PM
sekedar share gan, mudah2n gak :repost:



sebelumnya thanks buat agan FullEclipse :melonndan:

langsung aja cekingkong gan :D



Mazda 787B, The Supersonic Le Mans Crusher Saga

http://img580.imageshack.us/img580/4523/mazda787bpedal2themetal.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/580/mazda787bpedal2themetal.jpg/)



24 Heures du Mans. Sebuah nama yang menggetarkan batin para penggemar otomotif & kecepatan. Kompetisi ketahanan mobil prototip & GT ini bisa dibilang puncak dari seluruh kompetisi balap di aspal. Durabilitas pembalap & mobil, teknologi, strategi, serta keberuntungan sangatlah menentukan akhir balapan, dan Pedal2theMetal akui, Le Mans jauh lebih menarik dibanding Formula 1�

http://img708.imageshack.us/img708/4523/mazda787bpedal2themetal.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/708/mazda787bpedal2themetal.jpg/)


[/quote][quote]





�We believe if it isn�t worth driving, it isn�t worth building. We build Mazdas.�





Sejak dimulai dari tahun 1923 dan 23 pabrikan yang berhasil menjuarainya, terhitung hanya 1 pabrikan dari Jepang yang berhasil menjuarainya : Mazda. Padahal, banyak pabrikan Jepang lainnya yang terhitung lebih besar, misalnya Toyota & Nissan, namun tidak dapat mencapai hasil akhir yang sama. Alasannya?




[/spoiler] for :




http://img35.imageshack.us/img35/4523/mazda787bpedal2themetal.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/35/mazda787bpedal2themetal.jpg/)









Mungkin alasan yang pertama adalah sejarah & pengalaman. Meskipun dianggap underdog, nama Mazda tidaklah asing dengan balapan ketahanan dunia. Pada tahun 1974, SIGMA Automotive bersama Mazda Tokyo menurunkan MC74 yang meskipun potensial, namun menderita masalah-masalah sehingga tidak finish�


for :




http://img513.imageshack.us/img513/4523/mazda787bpedal2themetal.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/513/mazda787bpedal2themetal.jpg/)









Tapi meski jarang mendapatkan podium, bahkan sering DNF / Do Not Finish, Mazda tidak pernah berhenti akan niatnya menjuarai Le Mans. Untuk itulah, Mazda mencoba mencari pengalaman lain namun berguna untuk kebutuhan riset, salah satunya dengan menurunkan kreasi mereka di kejuaraan ketahanan yang tidak kalah bergengsi, IMSA.




for :




http://img692.imageshack.us/img692/4523/mazda787bpedal2themetal.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/692/mazda787bpedal2themetal.jpg/)









Hasilnya terhitung sukses. Sebagai bukti, pada tahun 1983, Mazda 717C menjuarai kelas Grup.C Junior tanpa masalah berarti, dan dengan Mazda RX-7 Prototype, Mazda menjadi pabrikan pertama yang berhasil menggeser Porsche sebagai pabrikan yang berhasil menjuarai IMSA 5x berturut-turut!




for :




http://img88.imageshack.us/img88/4523/mazda787bpedal2themetal.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/88/mazda787bpedal2themetal.jpg/)









Mazda 787B Le Mans

Yeah, alasan kedua mengapa Mazda bisa menjuarai Le Mans, adalah konsistensi & terus ber-evolusi. Seluruh ilmu & pengalaman Mazda dalam arena balap, dijadikan senjata untuk membangun �Perfect Car�. Tidak hanya konsistensi mengikuti balapnya, Mazda juga tetap konsisten memakai mesin misterius bernama Wankel-Rotary, dan tidak menggantinya dengan pilihan yang lebih rasional seperti Piston misalnya�




for :




http://img40.imageshack.us/img40/4523/mazda787bpedal2themetal.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/40/mazda787bpedal2themetal.jpg/)









Salah satu hasilnya adalah 767. Meskipun hanya finish pada posisi 17 & 19, bahkan kalah dari pendahulunya, 757, Mazda berhasil mereguk kemenangan lain bersama mobil yang akan ber-evolusi menjadi 767B dalam arena All Japan Sports Prototype Championship & 24 Hours Daytona. 767B yang selanjutnya mencatatkan posisi 7 & 9 di Le Mans pada tahun 1989, menjadi basis untuk prototip monster Wankel-Rotary terhebat sepanjang sejarah, 787B.




for :




http://img841.imageshack.us/img841/4523/mazda787bpedal2themetal.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/841/mazda787bpedal2themetal.jpg/)









Didesain oleh Nigel Stroud, yang sebelumnya membuktikan kemampuannya dalam merancang Mazda 757, 787B dibuat bukan sebagai mobil baru, melainkan versi sempurna dari 767B. Banyak persamaan yang ditemukan jika membandingkan kedua-duanya, namun yang paling kentara adalah livery mencolok dari mitra lama Mazda, perusahaan garmen Jepang, Renown. Livery legendaris yang sering dipakai para fans Mazda dalam kendaraan mereka, misalnya RX-8 milik Tony Angelo.



[]http://img687.imageshack.us/img687/4523/mazda787bpedal2themetal.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/687/mazda787bpedal2themetal.jpg/)[/spoier]



Dimulai dari konstruksinya. Dibangun dengan konsep monokok berbahan karbon kevlar yang dibuat oleh Advanced Composite Technology dari Inggris, Nigel melakukan modifikasi demi meningkatkan efisiensi, seperti memindahkan radiator dari yang sebelumnya berada dibelakang kokpit, menjadi berada didepan. Gurney Flap juga dipakai agar desain body menjadi lebih aerodinamis.




for :




http://img406.imageshack.us/img406/4523/mazda787bpedal2themetal.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/406/mazda787bpedal2themetal.jpg/)









Berkat modifikasi-modifikasi itulah, Mazda menjadi yakin untuk memasang mesin Rotary yang lebih dahsyat. Menggantikan mesin Quad-Rotor 13J, Mazda membangun sebuah mahakarya dari dunia otomotif abad ke-20 : R26B Quad-Rotor.



[
for :




http://img841.imageshack.us/img841/5244/mazda787bpedal2themetald.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/841/mazda787bpedal2themetald.jpg/)









Apa hebatnya mesin berkapasitas total 2622cc ini, dibandingkan dengan mesin berbasis Formula 1 SA35-A2 milik Peugeot misalnya? Well, 26B memiliki kelebihan dalam efisiensi, kurva tenaga serta ketahanan mesinnya yang luar biasa. Teknologi-teknologi baru juga diterapkan dalam mesin dengan gearbox 5-percepatan dari Porsche ini, seperti penggunaan 3-busi untuk setiap rotor.




for :




http://img515.imageshack.us/img515/4523/mazda787bpedal2themetal.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/515/mazda787bpedal2themetal.jpg/)









Dengan tenaga fantastis, 900hp@9000rpm (namun direstriksi demi durabilitas balap), mesin ini tentu pas untuk kebutuhan balap ketahanan. Sayangnya, ada harga yang harus dibayar : Suara mesin paling memekakan yang dibuat oleh umat manusia, dan siap menghancurkan gendang telinga. Ada kisah sedih dari mesin ini, yang nanti akan dipaparkan oleh Pedal2theMetal pada bagian ke-2�




for :




http://img851.imageshack.us/img851/4523/mazda787bpedal2themetal.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/851/mazda787bpedal2themetal.jpg/)









Mazda juga tidak main-main dalam memilih pembalapnya. Tiga pembalap muda Formula 1 dari beragam negara digunakan jasanya untuk mengemudikan mobil dengan nomor #55 diatas. Kombinasi dipilih karena mereka sudah terbiasa akan kebuasan mesin Rotary, yang mereka rasakan bersama 767B, terutama Volker Weidler yang sudah bersama Mazda sejak tahun 1989.




for :




http://img213.imageshack.us/img213/4523/mazda787bpedal2themetal.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/213/mazda787bpedal2themetal.jpg/)









Turun di kategori dua dengan saingan-saingan berat seperti Winner-Breed Jaguar XJR-12, Mercedes-Benz C11 dengan list pembalap bertalenta seperti Michael Schumacher, sampai legenda La Sarthe, Porsche 962C. Gentarkah Mazda? Tidak sama sekali. Mengapa?




for :




http://img840.imageshack.us/img840/4523/mazda787bpedal2themetal.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/840/mazda787bpedal2themetal.jpg/)









Itu karena mereka yakin akan kemampuan mereka sendiri untuk mencapai hasil terbaik. Beragam pihak dari berbagai negara yang terlibat, semuanya merasakan semangat yang berkobar-kobar dari raungan mesin Rotary, demi mewujudkan mimpi yang sudah ada sejak Felix Wankel membuat prototip mesin pertamanya : �To the top of the world!�




[spoiler=open this] for :




http://img208.imageshack.us/img208/4523/mazda787bpedal2themetal.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/208/mazda787bpedal2themetal.jpg/)









lanjut bawah

</div>