ps3black
27th May 2012, 07:10 PM
Siang agan2 sekalian ini Thread pertama ane, jadi mohon maklum banyak kekurangan :ganteng:
1.Stasiun Jakarta Kota
[/spoiler] for Stasiun Jakarta Kota:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/oz5itru5.jpg
Stasiun Kereta Api Jakarta Kota (kode: JAKK), dikenal pula sebagai Stasiun Beos adalah stasiun kereta api yang berusia cukup tua di Kota Tua Jakarta dan ditetapkan oleh Pemerintah Kota sebagai cagar budaya. Stasiun ini adalah satu dari sedikit stasiun di Indonesia yang bertipe terminus (perjalanan akhir), yang tidak memiliki kelanjutan jalur.
Keberadaannya pada saat ini diributkan karena hendak direnovasi dengan penambahan ruang komersial. Padahal, stasiun ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya, selain bangunannya kuno, stasiun ini merupakan stasiun tujuan terakhir perjalanan.
2. Stasiun Tanjung Priok
for Stasiun Tanjung Priok:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/9mrrt0gf.jpg
Stasiun Tanjung Priok adalah salah satu stasiun tua yang terletak di seberang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Memiliki langgam bangunan art deco, stasiun ini termasuk salah satu bangunan tua yang dijadikan cagar budaya DKI Jakarta.
3. Stasiun Gambir
for Stasiun Gambir:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/arcfvpqo.jpg
Peron Bagian Luar
Stasiun Gambir (kode:GMR) adalah stasiun kereta api terbesar di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia dan terletak di Gambir, Gambir, Jakarta Pusat. Stasiun ini dibangun pada dasawarsa 1930-an dengan nama Stasiun Koningsplein dan mendapatkan renovasi secara besar-besaran pada 1990-an. Stasiun Gambir melayani transportasi kereta api untuk tujuan-tujuan utama di Pulau Jawa. Di stasiun ini, tersedia pula bus DAMRI untuk menuju Bandara Soekarno Hatta. Stasiun ini berada di Daerah Operasi 1 Jakarta.
Peron Stasiun Gambir, bagian luar
Kereta yang melewati stasiun ini antara lain - Stasiun Bandung ( Argo Parahyangan, Cirebon/Tegal (Argo Jati dan Cirebon Ekspres), Solobalapan (Argo Lawu dan Argo Dwipangga), Malang (Gajayana), Semarang (Argo Muria, dan Argo Sindoro), Pasar Turi Surabaya (Argo Bromo Anggrek, dan Sembrani), Surabaya Gubeng (Bima), Stasiun Yogyakarta (Kereta api Taksaka), Stasiun Madiun (Kereta api Senja Baru Madiun), Stasiun Cilacap (Kereta api Purwojaya), juga terdapat kereta-kereta komuter (KRL ekspres) dari dan menuju Bogor (Pakuan Ekspres), Depok (Depok Ekspres), dan Bekasi (Bekasi Ekspres).
4. Stasiun Jatinegara
for Stasiun Jatinegara:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/5tbhxwey.jpg
Stasiun Jatinegara (kode: JNG, +16m, sebelum kemerdekaan bernama Stasiun Meester Cornelis) adalah sebuah stasiun kereta api di daerah Jatinegara, Jakarta Timur. Stasiun ini merupakan stasiun bertemunya tiga jalur, yaitu jalur ke Pasar Senen, jalur ke Manggarai, dan jalur ke Bekasi. Setiap harinya dilewati sekitar 350 kereta api. Di dekat stasiun ini terdapat dipo lokomotif.
Sebagai stasiun penghubung ke luar Jakarta, stasiun ini dilalui oleh semua KA ke berbagai kota di Pulau Jawa (kecuali tentu saja ke arah Banten dan Bogor). Namun demikian, tidak semua KA yang ke luar dari Jakarta berhenti untuk menaikkan penumpang di stasiun ini. Hanya KA ekonomi dan KA bisnis yang berhenti untuk menaikkan penumpang dalam perjalanan menuju kota-kota di Jawa, sedangkan semua KA eksekutif, kecuali KA Argo Gede, KA Argo Jati, dan KA Sembrani tidak berhenti di sini. Tetapi, semua KA yang datang menuju Jakarta berhenti untuk menurunkan penumpang di stasiun ini.
5. Stasiun Manggarai
for Stasiun Manggarai:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/kzukb9zh.jpg
Stasiun Manggarai (Kode: MRI, +13m) adalah salah satu stasiun kereta api besar di Jakarta, Indonesia. Stasiun ini memiliki jalur hampir sebanyak stasiun Jakarta Kota. Stasiun ini kebanyakan hanya melayani kereta ekonomi komuter tujuan Bogor, Tanah Abang, dan Bekasi. Penumpang tujuan Bogor kebanyakan buruh atau pengamen[rujukan?]. Sore hari ada kereta tujuan Nambo dan kereta Tanah Abang Ekspres koridor Bogor-Tanah Abang parkir di sini sebelum masuk dipo Bukit Duri. Sayang sekali kereta ini sudah tidak beroperasi sejak 2006.
Dari stasiun ini juga diberangkatkan beberapa kereta ekonomi jarak jauh seperti kereta api Kutojaya jurusan Manggarai - Kutoarjo.
6. Stasiun Pasar Senen
for Pasar Senen:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/7rij91ta.jpg
Stasiun Pasar Senen (PSE, +4,7m) atau juga biasa disebut Stasiun Senen adalah stasiun kereta api yang terletak di Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia. Terletak di wilayah ramai di dekat Gelanggang Remaja Planet Senen dan pusat perbelanjaan Pasar Senen, stasiun ini terutama melayani kereta api kelas bisnis dan kelas ekonomi tujuan Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Semarang, Solo, Jombang, Malang, dan Surabaya. Stasiun ini di bangun pada tahun 1916 dan di resmikan pada tanggal 19 Maret 1925.
7.Stasiun Bogor
for Stasiun Bogor:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/nh6lwm4m.jpg
Stasiun Bogor (kode: BOO) adalah stasiun kereta api di Kota Bogor, Indonesia yang dibangun pada tahun 1881. Stasiun ini terutama memberangkatkan Kereta Rel Listrik (KRL) yang melayani kawasan Jabotabek, yakni menuju Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Tanahabang. Selain itu terdapat pula Kereta Rel Diesel (KRD) yang melayani rute Sukabumi-Bogor bernama Kereta api Bumi Geulis. Stasiun ini disibukkan oleh komuter (penglaju) dari Bogor maupun dari Sukabumi menuju ke Depok dan Jakarta.
Terdapat puluhan jadwal perjalanan KRL dari stasiun ini setiap harinya; terdiri dari KRL ekonomi, KRL ekonomi-AC, dan KRL ekspres Pakuan. Kereta Pakuan dengan lintasan Jakarta-Bogor-Jakarta, tarifnya Rp. 11.000 satu arah, dan telah dilengkapi dengan penyejuk udara semenjak tahun 2000.
8. Stasiun Hall, Bandung
for Stasiun Hall, Bandung:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/zyxdngze.jpg
Stasiun Bandung atau Stasiun Hall (kode: BD), adalah stasiun utama kereta api di Kota Bandung. Stasiun berketinggian +709 m dpl menjadi batas antara Kelurahan Pasirkaliki dan Kebonjeruk. Stasiun Hall sebelumnya hanya memiliki satu buah stasiun, setelah ada renovasi oleh pemerintah Kota Bandung maka Stasiun Hall sekarang terbagi menjadi dua bagian walaupun tetap bersatu.
Stasiun Hall sendiri selain terkenal sebagai stasiun kereta api di kota Bandung, ia juga terkenal sebagai terminal angkutan kota. Disebabkan oleh banyaknya angkot yang menuju Stasiun Hall maka secara otomatis ia menjadi terkenal di kota Bandung dengan predikat "terminal angkot" selain stasiun kereta api.
Stasiun Hall berlokasi di Jalan Kebon Kawung.
9. Stasiun Tugu, Yogyakarta
for Stasiun Tugu, Yogyakarta:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/xzuwmgnc.jpgStasiun Yogyakarta (kode: YK, +113 m dpl) � juga dikenal sebagai Stasiun Tugu � terletak di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan berada di bawah naungan PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi VI. Stasiun ini beserta rel KA yang membujur dari barat ke timur merupakan daerah perbatasan antara Kecamatan Jetis dan Gedongtengen. Stasiun ini melayani pemberangkatan dan kedatangan kereta api (KA) kelas eksekutif dan bisnis. Pemberangkatan dan kedatangan KA kelas ekonomi dilayani di Stasiun Lempuyangan.
Dahulu, di stasiun ini terdapat dua percabangan jalur di sisi barat stasiun yang saat ini sudah tidak ada lagi. Jalur pertama ke utara menuju Magelang dan Parakan. Bekas jalur Jogja-Magelang ini dapat kita lihat di beberapa tempat di Jalan Tentara Pelajar, Yogyakarta. Jalur yang satu lagi, ke arah selatan menuju Palbapang di Kabupaten Bantul. Bekas jalur ini juga masih terlihat di beberapa tempat, salah satunya adalah yang sekarang menjadi lapangan parkir di sisi barat laut Kraton Yogya.
10. Stasiun Solo Balapan
[spoiler=open this] for Stasiun Solo Balapan:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/lnfhd4hp.jpg
Stasiun Solo Balapan (kode: SLO, +93m) adalah stasiun induk di kota Surakarta, tepatnya di wilayah Kelurahan Kestalan dan Gilingan, Banjarsari, Surakarta. Nama "Balapan" diambil dari nama kampung yang terletak di sebelah utara komplek setasiun. Stasiun ini terletak di jalur kereta api yang menghubungkan Kota Bandung, Jakarta, Surabaya, serta Semarang.
Pembangunan stasiun ini dilakukan oleh jaringan kereta api masa kolonial NIS pada abad ke-19 (tepatnya 1873) dan merupakan salah satu stasiun besar tertua di Indonesia (setelah Stasiun Semarang Tawang). Pembangunannya dilakukan pada masa pemerintahan Mangkunagara IV, dan merupakan stasiun untuk wilayah Kadipaten Praja Mangkunagaran. Stasiun besar di Solo untuk wilayah Kasunanan adalah Stasiun Solo Jebres. Pembangunannya dirancang oleh Herman Thomas Karsten, seorang arsitek kenamaan beraliran Indisch.
Setasiun Solo Balapan memiliki dua emplasemen, Utara dan Selatan. Emplasemen Selatan memiliki lima sepur/jalur sedangkan emplasemen Utara memiliki tujuh sepur. Emplasemen Selatan umumnya dipakai untuk pelayanan KA penumpang, sementara Emplasemen Utara lebih diperuntukkan untuk pelayanan KA barang dan pemberangkatan kereta api Senja Utama Solo. Ke arah timur, terdapat dua jurusan, rel arah ke utara menuju ke Semarang, rel ke timur menuju Surabaya. Di sisi timur setasiun terdapat segitiga pembalik (wye) yang memungkinkan rangkaian kereta api berbalik arah seluruhnya dengan menggunakan prinsip langsir. Sisi-sisi segitiga pembalik ini juga memungkinkan kereta api dari timur (dari setasiun Solo Jebres) untuk langsung ke utara / ke Semarang tanpa lewat setasiun Solo Balapan dan sebaliknya. Di dekat segitiga pembalik ini terdapat Depo BBM Pertamina, yang rel masuknya juga dari salah satu sisi segitiga pembalik ini.
sumber:http://www.torajaindonesia.com/2010/...-besar-di.html (http://www.torajaindonesia.com/2010/04/daftar-stasiun-kereta-api-besar-di.html) dan wikipedia.
tolong di :rate5 ya gan thanks :mantap:
</div>
1.Stasiun Jakarta Kota
[/spoiler] for Stasiun Jakarta Kota:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/oz5itru5.jpg
Stasiun Kereta Api Jakarta Kota (kode: JAKK), dikenal pula sebagai Stasiun Beos adalah stasiun kereta api yang berusia cukup tua di Kota Tua Jakarta dan ditetapkan oleh Pemerintah Kota sebagai cagar budaya. Stasiun ini adalah satu dari sedikit stasiun di Indonesia yang bertipe terminus (perjalanan akhir), yang tidak memiliki kelanjutan jalur.
Keberadaannya pada saat ini diributkan karena hendak direnovasi dengan penambahan ruang komersial. Padahal, stasiun ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya, selain bangunannya kuno, stasiun ini merupakan stasiun tujuan terakhir perjalanan.
2. Stasiun Tanjung Priok
for Stasiun Tanjung Priok:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/9mrrt0gf.jpg
Stasiun Tanjung Priok adalah salah satu stasiun tua yang terletak di seberang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Memiliki langgam bangunan art deco, stasiun ini termasuk salah satu bangunan tua yang dijadikan cagar budaya DKI Jakarta.
3. Stasiun Gambir
for Stasiun Gambir:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/arcfvpqo.jpg
Peron Bagian Luar
Stasiun Gambir (kode:GMR) adalah stasiun kereta api terbesar di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia dan terletak di Gambir, Gambir, Jakarta Pusat. Stasiun ini dibangun pada dasawarsa 1930-an dengan nama Stasiun Koningsplein dan mendapatkan renovasi secara besar-besaran pada 1990-an. Stasiun Gambir melayani transportasi kereta api untuk tujuan-tujuan utama di Pulau Jawa. Di stasiun ini, tersedia pula bus DAMRI untuk menuju Bandara Soekarno Hatta. Stasiun ini berada di Daerah Operasi 1 Jakarta.
Peron Stasiun Gambir, bagian luar
Kereta yang melewati stasiun ini antara lain - Stasiun Bandung ( Argo Parahyangan, Cirebon/Tegal (Argo Jati dan Cirebon Ekspres), Solobalapan (Argo Lawu dan Argo Dwipangga), Malang (Gajayana), Semarang (Argo Muria, dan Argo Sindoro), Pasar Turi Surabaya (Argo Bromo Anggrek, dan Sembrani), Surabaya Gubeng (Bima), Stasiun Yogyakarta (Kereta api Taksaka), Stasiun Madiun (Kereta api Senja Baru Madiun), Stasiun Cilacap (Kereta api Purwojaya), juga terdapat kereta-kereta komuter (KRL ekspres) dari dan menuju Bogor (Pakuan Ekspres), Depok (Depok Ekspres), dan Bekasi (Bekasi Ekspres).
4. Stasiun Jatinegara
for Stasiun Jatinegara:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/5tbhxwey.jpg
Stasiun Jatinegara (kode: JNG, +16m, sebelum kemerdekaan bernama Stasiun Meester Cornelis) adalah sebuah stasiun kereta api di daerah Jatinegara, Jakarta Timur. Stasiun ini merupakan stasiun bertemunya tiga jalur, yaitu jalur ke Pasar Senen, jalur ke Manggarai, dan jalur ke Bekasi. Setiap harinya dilewati sekitar 350 kereta api. Di dekat stasiun ini terdapat dipo lokomotif.
Sebagai stasiun penghubung ke luar Jakarta, stasiun ini dilalui oleh semua KA ke berbagai kota di Pulau Jawa (kecuali tentu saja ke arah Banten dan Bogor). Namun demikian, tidak semua KA yang ke luar dari Jakarta berhenti untuk menaikkan penumpang di stasiun ini. Hanya KA ekonomi dan KA bisnis yang berhenti untuk menaikkan penumpang dalam perjalanan menuju kota-kota di Jawa, sedangkan semua KA eksekutif, kecuali KA Argo Gede, KA Argo Jati, dan KA Sembrani tidak berhenti di sini. Tetapi, semua KA yang datang menuju Jakarta berhenti untuk menurunkan penumpang di stasiun ini.
5. Stasiun Manggarai
for Stasiun Manggarai:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/kzukb9zh.jpg
Stasiun Manggarai (Kode: MRI, +13m) adalah salah satu stasiun kereta api besar di Jakarta, Indonesia. Stasiun ini memiliki jalur hampir sebanyak stasiun Jakarta Kota. Stasiun ini kebanyakan hanya melayani kereta ekonomi komuter tujuan Bogor, Tanah Abang, dan Bekasi. Penumpang tujuan Bogor kebanyakan buruh atau pengamen[rujukan?]. Sore hari ada kereta tujuan Nambo dan kereta Tanah Abang Ekspres koridor Bogor-Tanah Abang parkir di sini sebelum masuk dipo Bukit Duri. Sayang sekali kereta ini sudah tidak beroperasi sejak 2006.
Dari stasiun ini juga diberangkatkan beberapa kereta ekonomi jarak jauh seperti kereta api Kutojaya jurusan Manggarai - Kutoarjo.
6. Stasiun Pasar Senen
for Pasar Senen:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/7rij91ta.jpg
Stasiun Pasar Senen (PSE, +4,7m) atau juga biasa disebut Stasiun Senen adalah stasiun kereta api yang terletak di Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia. Terletak di wilayah ramai di dekat Gelanggang Remaja Planet Senen dan pusat perbelanjaan Pasar Senen, stasiun ini terutama melayani kereta api kelas bisnis dan kelas ekonomi tujuan Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Semarang, Solo, Jombang, Malang, dan Surabaya. Stasiun ini di bangun pada tahun 1916 dan di resmikan pada tanggal 19 Maret 1925.
7.Stasiun Bogor
for Stasiun Bogor:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/nh6lwm4m.jpg
Stasiun Bogor (kode: BOO) adalah stasiun kereta api di Kota Bogor, Indonesia yang dibangun pada tahun 1881. Stasiun ini terutama memberangkatkan Kereta Rel Listrik (KRL) yang melayani kawasan Jabotabek, yakni menuju Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Tanahabang. Selain itu terdapat pula Kereta Rel Diesel (KRD) yang melayani rute Sukabumi-Bogor bernama Kereta api Bumi Geulis. Stasiun ini disibukkan oleh komuter (penglaju) dari Bogor maupun dari Sukabumi menuju ke Depok dan Jakarta.
Terdapat puluhan jadwal perjalanan KRL dari stasiun ini setiap harinya; terdiri dari KRL ekonomi, KRL ekonomi-AC, dan KRL ekspres Pakuan. Kereta Pakuan dengan lintasan Jakarta-Bogor-Jakarta, tarifnya Rp. 11.000 satu arah, dan telah dilengkapi dengan penyejuk udara semenjak tahun 2000.
8. Stasiun Hall, Bandung
for Stasiun Hall, Bandung:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/zyxdngze.jpg
Stasiun Bandung atau Stasiun Hall (kode: BD), adalah stasiun utama kereta api di Kota Bandung. Stasiun berketinggian +709 m dpl menjadi batas antara Kelurahan Pasirkaliki dan Kebonjeruk. Stasiun Hall sebelumnya hanya memiliki satu buah stasiun, setelah ada renovasi oleh pemerintah Kota Bandung maka Stasiun Hall sekarang terbagi menjadi dua bagian walaupun tetap bersatu.
Stasiun Hall sendiri selain terkenal sebagai stasiun kereta api di kota Bandung, ia juga terkenal sebagai terminal angkutan kota. Disebabkan oleh banyaknya angkot yang menuju Stasiun Hall maka secara otomatis ia menjadi terkenal di kota Bandung dengan predikat "terminal angkot" selain stasiun kereta api.
Stasiun Hall berlokasi di Jalan Kebon Kawung.
9. Stasiun Tugu, Yogyakarta
for Stasiun Tugu, Yogyakarta:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/xzuwmgnc.jpgStasiun Yogyakarta (kode: YK, +113 m dpl) � juga dikenal sebagai Stasiun Tugu � terletak di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan berada di bawah naungan PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi VI. Stasiun ini beserta rel KA yang membujur dari barat ke timur merupakan daerah perbatasan antara Kecamatan Jetis dan Gedongtengen. Stasiun ini melayani pemberangkatan dan kedatangan kereta api (KA) kelas eksekutif dan bisnis. Pemberangkatan dan kedatangan KA kelas ekonomi dilayani di Stasiun Lempuyangan.
Dahulu, di stasiun ini terdapat dua percabangan jalur di sisi barat stasiun yang saat ini sudah tidak ada lagi. Jalur pertama ke utara menuju Magelang dan Parakan. Bekas jalur Jogja-Magelang ini dapat kita lihat di beberapa tempat di Jalan Tentara Pelajar, Yogyakarta. Jalur yang satu lagi, ke arah selatan menuju Palbapang di Kabupaten Bantul. Bekas jalur ini juga masih terlihat di beberapa tempat, salah satunya adalah yang sekarang menjadi lapangan parkir di sisi barat laut Kraton Yogya.
10. Stasiun Solo Balapan
[spoiler=open this] for Stasiun Solo Balapan:
http://cdn-u.kaskus.co.id/52/lnfhd4hp.jpg
Stasiun Solo Balapan (kode: SLO, +93m) adalah stasiun induk di kota Surakarta, tepatnya di wilayah Kelurahan Kestalan dan Gilingan, Banjarsari, Surakarta. Nama "Balapan" diambil dari nama kampung yang terletak di sebelah utara komplek setasiun. Stasiun ini terletak di jalur kereta api yang menghubungkan Kota Bandung, Jakarta, Surabaya, serta Semarang.
Pembangunan stasiun ini dilakukan oleh jaringan kereta api masa kolonial NIS pada abad ke-19 (tepatnya 1873) dan merupakan salah satu stasiun besar tertua di Indonesia (setelah Stasiun Semarang Tawang). Pembangunannya dilakukan pada masa pemerintahan Mangkunagara IV, dan merupakan stasiun untuk wilayah Kadipaten Praja Mangkunagaran. Stasiun besar di Solo untuk wilayah Kasunanan adalah Stasiun Solo Jebres. Pembangunannya dirancang oleh Herman Thomas Karsten, seorang arsitek kenamaan beraliran Indisch.
Setasiun Solo Balapan memiliki dua emplasemen, Utara dan Selatan. Emplasemen Selatan memiliki lima sepur/jalur sedangkan emplasemen Utara memiliki tujuh sepur. Emplasemen Selatan umumnya dipakai untuk pelayanan KA penumpang, sementara Emplasemen Utara lebih diperuntukkan untuk pelayanan KA barang dan pemberangkatan kereta api Senja Utama Solo. Ke arah timur, terdapat dua jurusan, rel arah ke utara menuju ke Semarang, rel ke timur menuju Surabaya. Di sisi timur setasiun terdapat segitiga pembalik (wye) yang memungkinkan rangkaian kereta api berbalik arah seluruhnya dengan menggunakan prinsip langsir. Sisi-sisi segitiga pembalik ini juga memungkinkan kereta api dari timur (dari setasiun Solo Jebres) untuk langsung ke utara / ke Semarang tanpa lewat setasiun Solo Balapan dan sebaliknya. Di dekat segitiga pembalik ini terdapat Depo BBM Pertamina, yang rel masuknya juga dari salah satu sisi segitiga pembalik ini.
sumber:http://www.torajaindonesia.com/2010/...-besar-di.html (http://www.torajaindonesia.com/2010/04/daftar-stasiun-kereta-api-besar-di.html) dan wikipedia.
tolong di :rate5 ya gan thanks :mantap:
</div>