Log in

View Full Version : [share]ternyata seorang pilot harus tetap tenang bila ada kerusakan di pesawat


rumahmenteng
27th May 2012, 06:58 PM
sekedar share aja ini gan, minggu minggu kemarin ane di ajak temen ane buat bantu bantu jadi co-engineer mekanik di sebuah airlines. Kebetulan ane di perlihatkan isi rekaman black box kabin utama pilot, co-pilot, dan flight engineer kepada tower pengawas sekilas terlihat pesawat boeing 747 400 series tersebut mengalami trouble shooting dan komunikasi antara pilot dengan tower pengawas terdengar sangat tenang dan penuh dengan keprofesionalan yang tinggi gan, pesawat pun setelah sebelumnya meminta izin takeoff dan berhasil meninggalkan landasan, tetapi trouble shooting memaksa flight engineer memutuskan untuk Return to base(RTB), kebetulan saja RTB tidak mendarat dengan lancar dan pesawat boeing 747 400 series itu pun di beritakan untuk holding di atas bandara(holding = berputar putar di area bandara untuk landing kembali dengan menunggu takeoff/landingnya pesawat lain) dan pilot kembali meminta izin untuk touch and go(touch and go = cara landing kembali pesawat yang landing dengan kondisi kekurangan panjang jalur untuk mendarat) tower pengawas pun langsung mengapprove permintaan pilot yang mengalami trouble shoot, dan kembali pesawat tersebut harus touch and go gan, setelah touch and go yang kedua lah baru pesawat bisa landing dan langsung di bawa dengan taxi(taxi = perjalanan pesawat dari runway menuju appron atau sebaliknya ) dan baru lah trouble shoot engineer crew dan DSKU menuju ke hanggar melakukan pengecekan. berikut adalah contoh percakapan antara pilot dan tower pengawas yang di kondisikan dengan cerita cekidot :ceriwislove:




[/spoiler] for cekidot:




Capt = captain = pilot

B = petugas tower pengawas

Co = copilot

FG = flight engineer

Capt :"papa kilo - kilo alpha mike india lima"(morse nama kilo = K, alpha = A, Mike = M, india = I lima = L jadi morse tersebut adalah call sign pesawat, sedangkan papa kilo adalah plat pesawat negara indonesia, kalo mobil mah pale plat B itu dari jakarta gan)

B :"Go a Head capt..?!"(tower pengawas mengkondisikan lintasan pacu telah kosong)

setelah pengecekan kembali sang pilot meminta izin kepada tower pengawas

Capt :"papa kilo - kilo alpha mike india lima, request takeoff..."

B :"clear for takeoff, Clear to land, happy fly capt.."

seru tower pengawas memberi isyarat bahwa takeoff telah di izinkan

setelah di izinkan pesawat pun melaju di lintasan pacu

co :"ready for takeoff... V1 clear, V2 clear, V r ... !"

istilah V1 V2 Vr adalah kecepatan pesawat sewaktu akan take off, besaran nnya di set berdasarkan berat, setting flaps. V1 batas kecepatan untuk RTO (Reject Take Off)

setelah pesawat berhasil takeoff dan terbang sekitar 10 menit flight engineer menemukan kegagalan kanibal fuel pada engine

FG :"capt . pesawat mengalami kendala kita harus RTB"

tanpa berlama lama pilot pun meminta izin kepada tower pengawas untuk RTB

capt :"papa kilo - kilo alpha mike india lima, request return to base, we have problem engine !"

B :"holding capt !"

setelah holding akhirnya tower pengawas memperbolehkan untuk RTB

B :"RTB approved, kilo alpha mike india lima one seven one please RTA"(RTA = return to appron)

capt :"okay, return to appron. ready to taxi seira charlie 4 to appron"

ga lama

co : "capt landasan kita ga cukup untuk mendarat !"

capt :"papa kilo - kilo alpha mike india lima, request touch and go !"

B :"approved capt"

B :"papa kilo kilo alpha mike india lima please holding !"

akhirnya pesawat pun holding menunggu pesawat lain takeoff dengan maksud membuang bahan bakar yang berlebihan juga dan akhirnya

B :"papa kilo - kilo alpha mike india lima, approved RTA !"

pesawat pun mencoba mendarat kembali dan lagi lagi kekurangan landasan pacu dan akhirnya pesawat kembali holding dan akhirnya dengan mulus pesawat tersebut mendarat

capt :"RTA, ready to taxi seira charlie 4 to appron"

B :" taxi to base complete, please parking break set.."

setelah mau di bantu taxi dan penumpang di pindahkan laporan pilot terakhir harus di ketahui tower pengawas

capt :"parking break set realize,,, papa kilo - kilo alpha mike india lima trouble shooting.








[spoiler=open this] for tambahan:




gila gan gimana kalo ane ato ga agan dan sista yang jadi pilot gimane perasaannya :dingin:








[/quote][quote]





TS SANGAT MENGHARAPKAN PEMBUDAYAAN KOMEN BERMUTU DARI AGAN DAN SIS SEKALIAN, BILA MANA TRIT INI :repost: TS SANGAT MEMINTA MAAF DAN TS SANGAT BERTERIMA KASIH UNTUK AGAN & SISTA YANG BERBAIK HATI UNTUK :rate5 DAN UNTUK :melon: :melon: . BILA MANA AGAG MENYINGGUNG PERASAAN MOHON TS JANGAN DI :cabendan: KARENA TRIT INI SEMATA-MATA DI BUAT HANYA BERTUJUAN UNTUK AGAN & SISTA YANG BELUM MENGETAHUI HAL INI :ceriwislove:








</div>