pingpong
27th May 2012, 06:53 PM
Sebelumnya Assalamualaikum..
Ijin share aja gan.. siapa tau berguna buat agan2.. siapa tau juga ada melon melayang ke muka ane.. http://static.kaskus.co.id/images/smilies/s_sm_peace.gifhttp://static.kaskus.co.id/images/smilies/s_sm_peace.gif
http://www.formtek.com/blog/wp-content/uploads/2007/09/shih.gif.png
SMILE CURVE atau kurva senyuman pertama kali dikenalkan oleh Stan Shih, seorang Taiwan yng merupakan founder dari ACER.
berdasarkan observasinya pada industri PC, added value dari rantai bisnis dapat digambarkan seperti orang tersenyum, sebagaimana gambar di atas.
menurutnya, rantai bisnis industri sebuah produk terdiri dari 7 bagian, yaitu R&D, branding, design, manufacturing, distribution, marketing, dan sales.
nilai bisnis atau dapat kita katakan keuntungan dr ketujuh rantai bisnis ini mengikuti kaidah senyuman, yang menempatkan industri manufacturing ditempat yang paling rendah.
http://www.circuitboards1.com/wp-content/uploads/2011/08/Pcb-Manufacturing.jpg
krn itu wajar lah bila dalam rantai industri ini buruh pabrik kayak ane yang upahnya paling minim
karena itu, sebagai contoh, dari sebuah Ipod yang harganya senilai $400 dolar, $5 dolar diberikan ke cina sbg manufacturernya, $45 ke jepang sbg produsen part, dan $350 meluncur ke amerika sbg empunya branded APPLE.
http://3.bp.blogspot.com/-0LIhpdylAGY/Tbb9YdTFciI/AAAAAAAAAYI/4MT6ZwOeHmY/s1600/apple.png
karena itu juga, ACER merubah pola strategi bisnisnya dari sekedar hanya sbg manufacturer PC menjadi lebih terfokus pada pembangunan global marketing dari brand ACER itu sendiri berdasarkan products and services. ACER juga secara agresif berekspansi dalam R&Dnya demi mengembangkan teknologi yg lebih inovativ.
http://www.netvaruhuset.com/se/images/acer.jpg
pengalaman ane sendiri sbg salah satu pelaku dlm dunia manufacturing memang sejalan dengan paparan Stan Shih. Sebagai contoh kasus, pabrik dimana ane bekerja mengimport part dr India senilai 12rb rupiah per set. Kemudian dr pabrik di kasih bungkus dan dibranded dengan brand lokal dan dijual seharga 50rb. Dipasaran sendiri, part ini harganya 90rb (WTF!!!)
hal ini merupakan pelajaran yg berharga bagi para produsen untuk tidak terpaku hanya pada satu bidang. para produsen bs mencontoh ACER dan APPLE yang berani berekspansi bisnis pada rantai bisnis yang lain dlm industri yang sama. bahkan klo bisa memang harus menguasai seluruh rantai bisnis dari industri tersebut!!!
semoga bermanfaat.. http://static.kaskus.co.id/images/smilies/add-friend-kecil.gif http://static.kaskus.co.id/images/smilies/add-friend-kecil.gif
sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Smiling_curve
http://www.verasage.com/index.php/co.../new_pet_idea/ (http://www.verasage.com/index.php/community/comments/new_pet_idea/)
</div>
Ijin share aja gan.. siapa tau berguna buat agan2.. siapa tau juga ada melon melayang ke muka ane.. http://static.kaskus.co.id/images/smilies/s_sm_peace.gifhttp://static.kaskus.co.id/images/smilies/s_sm_peace.gif
http://www.formtek.com/blog/wp-content/uploads/2007/09/shih.gif.png
SMILE CURVE atau kurva senyuman pertama kali dikenalkan oleh Stan Shih, seorang Taiwan yng merupakan founder dari ACER.
berdasarkan observasinya pada industri PC, added value dari rantai bisnis dapat digambarkan seperti orang tersenyum, sebagaimana gambar di atas.
menurutnya, rantai bisnis industri sebuah produk terdiri dari 7 bagian, yaitu R&D, branding, design, manufacturing, distribution, marketing, dan sales.
nilai bisnis atau dapat kita katakan keuntungan dr ketujuh rantai bisnis ini mengikuti kaidah senyuman, yang menempatkan industri manufacturing ditempat yang paling rendah.
http://www.circuitboards1.com/wp-content/uploads/2011/08/Pcb-Manufacturing.jpg
krn itu wajar lah bila dalam rantai industri ini buruh pabrik kayak ane yang upahnya paling minim
karena itu, sebagai contoh, dari sebuah Ipod yang harganya senilai $400 dolar, $5 dolar diberikan ke cina sbg manufacturernya, $45 ke jepang sbg produsen part, dan $350 meluncur ke amerika sbg empunya branded APPLE.
http://3.bp.blogspot.com/-0LIhpdylAGY/Tbb9YdTFciI/AAAAAAAAAYI/4MT6ZwOeHmY/s1600/apple.png
karena itu juga, ACER merubah pola strategi bisnisnya dari sekedar hanya sbg manufacturer PC menjadi lebih terfokus pada pembangunan global marketing dari brand ACER itu sendiri berdasarkan products and services. ACER juga secara agresif berekspansi dalam R&Dnya demi mengembangkan teknologi yg lebih inovativ.
http://www.netvaruhuset.com/se/images/acer.jpg
pengalaman ane sendiri sbg salah satu pelaku dlm dunia manufacturing memang sejalan dengan paparan Stan Shih. Sebagai contoh kasus, pabrik dimana ane bekerja mengimport part dr India senilai 12rb rupiah per set. Kemudian dr pabrik di kasih bungkus dan dibranded dengan brand lokal dan dijual seharga 50rb. Dipasaran sendiri, part ini harganya 90rb (WTF!!!)
hal ini merupakan pelajaran yg berharga bagi para produsen untuk tidak terpaku hanya pada satu bidang. para produsen bs mencontoh ACER dan APPLE yang berani berekspansi bisnis pada rantai bisnis yang lain dlm industri yang sama. bahkan klo bisa memang harus menguasai seluruh rantai bisnis dari industri tersebut!!!
semoga bermanfaat.. http://static.kaskus.co.id/images/smilies/add-friend-kecil.gif http://static.kaskus.co.id/images/smilies/add-friend-kecil.gif
sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Smiling_curve
http://www.verasage.com/index.php/co.../new_pet_idea/ (http://www.verasage.com/index.php/community/comments/new_pet_idea/)
</div>