rumahmenteng
27th May 2012, 06:51 PM
kembali pada siang hari yang panas ini ane mencoba untuk berbagi cerita dengan kitahh smuanyah...(mumpung lagi jam istirahat jugakkk):homo: :homo: :homo:
kali ini ane mau bercerita mengenai satu hal yang mungkin sudah sering kita lihat dan kita dengar ..yaitu realita mengenai sekolah2 yang ada di pelosok2 (daerah terpencil) di negara kita tercinta ini..sebagaimana yang kita tau...di negara kita ini banyak sekali hal yang memprihatinkan :mewek:..
salah satunya adalah mengenai keberadaan sekolah yang sebenarnya dan seharusnya memiliki kegunaan yang besar bagi generasi penerus bangsa (bagaimana tidak..hampir separoh dari masa muda kita itu kan dihabiskan di bangku sekolah)..tapi sayang pentingnya daya guna ato manfaat dari sekolah ini seringkali tidak diimbangi dengan sarana dan prasarana yang memadai atau yang layak (khususnya dalam hal ini yaitu sekolah2 di pelosok)....:shout: :shout: :shout:
langsung saja kita lihat beberapa kondisinya:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/kduuhv7a.jpg
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/wpmvluvr.jpg
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/2rvao6tq.jpg
berikut ini realita2nya yang ane tangkap:
1. gedung sekolah yang tidak layak, bisa dilihat dari contoh gambar diatas...bayangkan saja kalo misalkan harinya lagi hujan ato saat angin bertiup kencang...pasti seraaamm...:dingin: :dingin: :dingin:
selain tidak layak jumlah gedungnya juga seringkali tidak sesuai dengan jumlah kelas yang ada sehingga kadang harus bergantian memakai ruangan... :mewek: :mewek: :mewek:
contoh bisa dibaca di http://pontianak.tribunnews.com/2012...3-ruanghttp:// (http://pontianak.tribunnews.com/2012/03/12/sd-46-sanggau-hanya-miliki-3-ruanghttp://)
2. Sarana n prasarana yang tidak memadai..(lihat saja meja dan kursinya dimana mereka harus mepet2an dan berbagi tempat gt kayak di angkot aja)...:mewek: :mewek: :mewek:
jika bicara mengenai hal ini...untuk hal dasar spt meja dan kursi saja semiris itu...gimana mau bicara fasilitas2 lain yang sesuai std ato diatas standar...pasti bakalan gak nemu deh...:listen music: :listen music: :listen music:
3. jalan yang ditempuh untuk menuju tempat sekolah biasanya bisa sangat susah dan juga jaraknya jauh...padahal sebagian besar para pelajar itu menempuh perjalanan dengan jalan kaki (bahkan bisa ada yang harus mendaki gunung lewati lembah untuk sampai ke sekolah)...(jadi mikir nih masuk sekolahnya jam berapa ato mereka mesti berangkat jam berapa ya?) :tanya: :tanya: :tanya:
lihat gambar miris ini:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/djljvjgi.jpg
4.jumlah guru minim...ya tentu sajaaa...sangat jarang kita menemukan orang yang mau hidup di tempat2 terpencil... coz memang segala sesuatunya serba susah...karna itu jumlah guru di daerah2 spt ini bisa dipastikan sangat minim... dan hal ini tentu secara tidak langsung berdampak pada kualitas kegiatan belajar mengajarnya...:mewek: :mewek: :mewek:
5. akses informasi dan media pembelajaran yang sulit..tentu karna daerahnya saja sudah susah untuk dicapai, maka pasokan media pembelajaran juga tidak berjalan sebagaimana mestinya (ato jangan2 memang tidak dipasok kali yaaa)...sehingga materi belajar yang mereka dapatkan seringkali hanya yang bersifat dasar2 saja...dan std nya berbeda dengan sekolah2 kota. :mewek: :mewek: :mewek:
6. dan yang paling parah dari semua itu adalah...minimnya (ato malah tidak ada sama sekali) perhatian dri pihak2 yang seharusnya bisa menjadikan hal2 tsb diatas menjadi lebih baik... :shout: :shout: :shout:
yaaa...sementara kita bisa lihat sendiri...bangunan mewah kaya dengan fasilitas yang dibuat khusus untuk mereka demi mendukung kinerja mereka....
yaaaa..kalo mereka sadar bahwa fasilitas yang baik bisa membantu mereka dalam bekerja....entah kenapa mereka tidak memikirkan bahwa sekolah2 tsb juga perlu fasilitas yang paling tidak sesuai std lah guna membantu dlm kegiatan belajar mengajar....
cuma..ya itulah susahnya di negara kita ini jika sudah bicara mengenai kepentingan...maka yang lebih dipentingkan ya orang2 yang punya kuasa...yang di dengar ya suara mereka...ketika mereka merengek2 minta bangunan plus fasilitas maka segeralah dibuatkan untuk merekaa...tapi ketika yang punya kepentingan itu masyarakat biasa..mau merengek sampai kapanpun...sulit terdengar...karna suaranya tertutupi oleh megahnya gedung dan keasyikannya para penguasa menikmati fasilitas yang ada... :mewek: :mewek: :mewek:
sekian yang bisa ane smpaikan pada siang hari ini...(tidak ada maksud untuk menghina kelompok/oknum2 tertentu...hanya sebuah refleksi dari kondisi yang ane lihat)
semoga berguna bagi kita semuaa...
GB...:kiss: :kiss: :kiss:
</div>
kali ini ane mau bercerita mengenai satu hal yang mungkin sudah sering kita lihat dan kita dengar ..yaitu realita mengenai sekolah2 yang ada di pelosok2 (daerah terpencil) di negara kita tercinta ini..sebagaimana yang kita tau...di negara kita ini banyak sekali hal yang memprihatinkan :mewek:..
salah satunya adalah mengenai keberadaan sekolah yang sebenarnya dan seharusnya memiliki kegunaan yang besar bagi generasi penerus bangsa (bagaimana tidak..hampir separoh dari masa muda kita itu kan dihabiskan di bangku sekolah)..tapi sayang pentingnya daya guna ato manfaat dari sekolah ini seringkali tidak diimbangi dengan sarana dan prasarana yang memadai atau yang layak (khususnya dalam hal ini yaitu sekolah2 di pelosok)....:shout: :shout: :shout:
langsung saja kita lihat beberapa kondisinya:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/kduuhv7a.jpg
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/wpmvluvr.jpg
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/2rvao6tq.jpg
berikut ini realita2nya yang ane tangkap:
1. gedung sekolah yang tidak layak, bisa dilihat dari contoh gambar diatas...bayangkan saja kalo misalkan harinya lagi hujan ato saat angin bertiup kencang...pasti seraaamm...:dingin: :dingin: :dingin:
selain tidak layak jumlah gedungnya juga seringkali tidak sesuai dengan jumlah kelas yang ada sehingga kadang harus bergantian memakai ruangan... :mewek: :mewek: :mewek:
contoh bisa dibaca di http://pontianak.tribunnews.com/2012...3-ruanghttp:// (http://pontianak.tribunnews.com/2012/03/12/sd-46-sanggau-hanya-miliki-3-ruanghttp://)
2. Sarana n prasarana yang tidak memadai..(lihat saja meja dan kursinya dimana mereka harus mepet2an dan berbagi tempat gt kayak di angkot aja)...:mewek: :mewek: :mewek:
jika bicara mengenai hal ini...untuk hal dasar spt meja dan kursi saja semiris itu...gimana mau bicara fasilitas2 lain yang sesuai std ato diatas standar...pasti bakalan gak nemu deh...:listen music: :listen music: :listen music:
3. jalan yang ditempuh untuk menuju tempat sekolah biasanya bisa sangat susah dan juga jaraknya jauh...padahal sebagian besar para pelajar itu menempuh perjalanan dengan jalan kaki (bahkan bisa ada yang harus mendaki gunung lewati lembah untuk sampai ke sekolah)...(jadi mikir nih masuk sekolahnya jam berapa ato mereka mesti berangkat jam berapa ya?) :tanya: :tanya: :tanya:
lihat gambar miris ini:
http://cdn-u.kaskus.co.id/72/djljvjgi.jpg
4.jumlah guru minim...ya tentu sajaaa...sangat jarang kita menemukan orang yang mau hidup di tempat2 terpencil... coz memang segala sesuatunya serba susah...karna itu jumlah guru di daerah2 spt ini bisa dipastikan sangat minim... dan hal ini tentu secara tidak langsung berdampak pada kualitas kegiatan belajar mengajarnya...:mewek: :mewek: :mewek:
5. akses informasi dan media pembelajaran yang sulit..tentu karna daerahnya saja sudah susah untuk dicapai, maka pasokan media pembelajaran juga tidak berjalan sebagaimana mestinya (ato jangan2 memang tidak dipasok kali yaaa)...sehingga materi belajar yang mereka dapatkan seringkali hanya yang bersifat dasar2 saja...dan std nya berbeda dengan sekolah2 kota. :mewek: :mewek: :mewek:
6. dan yang paling parah dari semua itu adalah...minimnya (ato malah tidak ada sama sekali) perhatian dri pihak2 yang seharusnya bisa menjadikan hal2 tsb diatas menjadi lebih baik... :shout: :shout: :shout:
yaaa...sementara kita bisa lihat sendiri...bangunan mewah kaya dengan fasilitas yang dibuat khusus untuk mereka demi mendukung kinerja mereka....
yaaaa..kalo mereka sadar bahwa fasilitas yang baik bisa membantu mereka dalam bekerja....entah kenapa mereka tidak memikirkan bahwa sekolah2 tsb juga perlu fasilitas yang paling tidak sesuai std lah guna membantu dlm kegiatan belajar mengajar....
cuma..ya itulah susahnya di negara kita ini jika sudah bicara mengenai kepentingan...maka yang lebih dipentingkan ya orang2 yang punya kuasa...yang di dengar ya suara mereka...ketika mereka merengek2 minta bangunan plus fasilitas maka segeralah dibuatkan untuk merekaa...tapi ketika yang punya kepentingan itu masyarakat biasa..mau merengek sampai kapanpun...sulit terdengar...karna suaranya tertutupi oleh megahnya gedung dan keasyikannya para penguasa menikmati fasilitas yang ada... :mewek: :mewek: :mewek:
sekian yang bisa ane smpaikan pada siang hari ini...(tidak ada maksud untuk menghina kelompok/oknum2 tertentu...hanya sebuah refleksi dari kondisi yang ane lihat)
semoga berguna bagi kita semuaa...
GB...:kiss: :kiss: :kiss:
</div>