kembangtahu
27th May 2012, 06:25 PM
[/quote][quote]
Bismillahirrahmanirrahim. Moga ga http://static.kaskus.co.id/images/smilies/reposts.gif dah. Klo repost maafkanlah TS mumpung di bulan Romadhon yg penuh berkah ini :D
- Ngasi komen hukumnya wajib
- Ngerate hukumnya wajib
- Ngejunk hukumnya haram
- Ngasi melon hukumnya wajib bagi yang mampu (berpahala bgt gan) :D
- Ngasi Bata hukumnya haram :D
Silakan Dibaca
Pengisian bahan bakar di udara atau istilahnya air refueling, aerial tanking, in-flight refueling (IFR), air-to-air refueling (AAR) adalah proses pengisian bahan bakar dari pesawat tanker (pembawa bahan bakar) ke pesawat lain (yang akan diisi bahan bakarnya) selama di udara. Prosedur ini membuat pesawat yang sedang dalam misi penerbangan dapat terbang dalam jangka waktu yang lebih panjang. Pesawat yang digunakan untuk pengisian bahan bakar di udara adalah pesawat angkut yang telah dimodifikasi atau seringkali disebut pesawat tanker. Prosedur pengisian bahan bakar di udara telah dipakai pada beberapa perang contohnya Perang Falkland, Perang Vietnam, Perang Teluk Persia dan Perang Kosovo. Jadi udah terkenal sistem pengisian bahan bakar di udara ini gan. Kebanyakan kita mah taunya pengisian di darat aja kan???
Di bawah ini ane ceritain dikit2 gan.
Sejarah Eksperimen
[/spoiler] for Sejarah Eksperimennya gan:
- Dimulai pada sekitar tahun 1917, seorang pilot berkebangsaan Russia bernama Alexander P. de Seversky menemukan ide untuk dapat memperpanjang waktu terbang pesawat selama di udara dengan cara pengisian bahan bakar di udara (in-flight refueling). Tak lama setelah itu, dia pindah kewarganegaraan ke AS dan menjadi Insinyur di War Departement of USA. Kemudian baru pada tahun 1921 penemuannya itu secara resmi dipatenkan.
- Tahun 1923 : Dua pesawat Airco DH-4B milik USA Air Service sukses mengisi bahan bakar ke sebuah pesawat DH-4B lainnya sebanyak 687 galon (2600 Liter) untuk memberikan waktu terbang lebih dari 37 jam tambahan.
for nih gan picnya:
http://u.kaskus.co.id/12/3y5bj5b8.jpg
- Tahun 1929 : US Army Air Corps yg dipimpin oleh Mayor Carl Spaatz, berhasil melakukan pengisian bahan bakar kepada pesawat Question Mark dengan rekor lebih dari 150 jam tambahan waktu terbang.
for nih gan picnya:
http://u.kaskus.co.id/12/xhjzq1wa.jpg[/img]
- Tahun 1930 : Rekor baru tercipta dengan 553 jam tambahan waktu terbang, dipegang oleh John, Albert, Kenneth, dan Walter Hunter menggunakan dua pesawat Stinson SM-1 Detroiter.
- Tahun 1935 : Percobaan yang berbahaya dari Fred dan Al Key, namun berhasil menumbangkan rekor sebelumnya dengan 647 jam (hampir 27 hari) waktu tambahan dengan pesawat Curtiss Robin.
Sistem Yg Dipakai
for Sistem Yg Dipakai:
Metode atau sistem yg paling umum digunakan adalah Sistem �Boom and Receptacle� atau biasa disebut dengan Sistem �Flying Boom� dan Sistem �Proge and Drogue� (ane gak ngerti terjemahan yg pasnya gan). Ada lagi kombinasi antar keduanya yg disebut �Boom Drogue Adaptor�, tp kurang populer gan. Ane disini Cuma jelasin yang pertama dan kedua saja gan. Kita liat satu2 di bawah ini:
1. Sistem �Boom and Receptacle�
Atau sering juga disebut Sistem �Flying Boom�. Sistem ini memakai pipa yang kaku (gak fleksibel gan), ada sistem kamera juga, yang dikontrol oleh dua sayap kecil yang oleh operator (pesawat tanker) akan diulur dan dimasukkan ke lubang tangki bahan bakar pada pesawat penerima. Praktiknya gini gan, pilot pada pesawat penerima harus memposisikan pesawatnya sedemikian rupa sehingga tepat posisinya dan proses pengisian bahan bakar bisa dilakukan. Untuk menjamin keamanan dan ketepatan dalam pengisian bahan bakar, pada sisi-sisi sayap telah dipasang kamera sehingga dapat memandu operator mengulurkan dan memasukkan pipa bahan bakar ke pesawat penerima. Gak Cuma itu gan, pesawat tanker juga dilengkapi lampu agar memungkinkan pengisian bahan bakar pada malam hari.
for nih picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/prykxdae.png
for nih picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/ldoxyhrh.jpg
for nih gan picnya:
http://u.kaskus.co.id/12/9tkboqo3.jpg
for nih gan picnya:
http://u.kaskus.co.id/12/webamyew.jpg
for nih gan picnya:
http://u.kaskus.co.id/12/webamyew.jpg
for nih gan picnya:
http://u.kaskus.co.id/12/qvqc2vyd.jpg
for nih gan picnya:
http://u.kaskus.co.id/12/mh20icmd.jpg
for nih gan operatornya:
http://u.kaskus.co.id/12/2xcdx4td.jpg
Pesawat Yang Pake Sistem �Boom and Receptacle�
for KC-97 Stratotanker:
http://u.kaskus.co.id/12/otmkpk30.jpg
for KC-135 Stratotanker:
http://u.kaskus.co.id/12/4n7jssfs.jpg
for KC-10 Extender:
http://u.kaskus.co.id/12/d18iyrnn.jpg
for KC-767:
http://u.kaskus.co.id/12/5kkp6tf0.jpg
for Airbus A330 MRTT:
http://u.kaskus.co.id/12/nhnmtkam.jpg
Kelebihan dan Kekurangan Sistem �Boom and Receptacle�
for Ini nih kelebihannya gan:
- Aliran bahan bakar (transfer rate) dari pesawat tanker ke pesawat penerima lebih banyak gan. Bisa nyampe 3,7 ton bahan bakar per menit. Tau gak kenapa gan???karena pipanya lebih lebar dibanding sistem �Probe and Drogue�.
- Dikhususkan untuk pesawat-pesawat gede seperti pesawat Bomber. Lebih efektif karena pesawat tersebut memerlukan bahan bakar yang lumayan banyak.
for Ini nih kekurangannya gan:
- Perlu biaya yang gede untuk training operator.
- Desain tanker yang rumit
- Cuma dapat mengisi satu pesawat sekali jalan.
- Tidak bisa dipakai untuk mengisi bahan bakar helikopter.
2. Sistem �Probe and Drogue�
Lain ama sistem yg pertama tadi gan. Sistem ini memakai pipa yang fleksibel (red: bisa digoyang gan, kyk inul..http://ceri.ws/smilies/small_ngakak.gif). Bentuk drogue � nya mirip banget kyk shuttlecock badminton yang tersambung dengan pipa bahan bakar. Fungsi drogue ini untuk menstabilkan pipa selama di udara dan menyediakan saluran untuk menjadi jalur masuknya bahan bakar ke dalam pipa. Pipa tersebut terhubung dengan Hose Drum Unit (HDU), klo gak kepake tuh pipa akan tergulung di HDU.
Cara kerjanya gini gan. Pesawat tanker dan pesawat resipien (penerima) nanti pd saat terbang membentuk formasi sejajar horizontal. Dimana, pesawat tanker berada di depan pesawat resipien. Kedua pesawat itu terbang pada kecepatan yang sama. Setelah kedua pesawat ini siap, nanti pilot pesawat tanker akan menjulurkan drogue ke arah pesawat resipien. Setelah terjulur, pilot pesawat resipien akan mengeluarkan probe. Yaitu semacam "mulut" penerima bahan bakar yang ada di pesawat tsb. Trus si pilot tsb memanuverkan pesawatnya hingga posisi probe masuk ke dalam lubang drogue. Mulai dehhh pengisiannya..
for Nih gambar drogue gan:
http://u.kaskus.co.id/12/etqp8hbu.jpg
for Nih gambar drogue gan:
http://u.kaskus.co.id/12/3akmfblf.jpg
for Nih gambar drogue gan:
http://u.kaskus.co.id/12/mfeqdjxg.jpg
for pictnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/jcnmdbtf.jpg
Pesawat tanker RAF VC10 sedang mengisi bahan bakar utk Pesawat Tornado GR4 pd saat perang Iraq
for picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/ldbjikvw.jpg
Hidung probe-nya pesawat patroli Nimrod MR2
for picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/w9m44rep.jpg
Pengisian bahan bakar F-18F Super Hornet (Kyk makanan..:hammer2::hammer2:)
for picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/udckr74g.jpg
Pesawat S-3 Viking sedang mengisi bahan bakar
for picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/dbowg5qa.jpg
for picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/w1efrpms.jpg
for picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/3gmjy6gj.jpg
Pengisian secara simultan..
Pesawat Yang Pake Sistem "Probe and Drogue":
for F/A-18E/F Super Hornet:
http://u.kaskus.co.id/12/rg4g7vx8.jpg
for S-3 Viking:
http://u.kaskus.co.id/12/cnopnboe.jpg
for A4 Skyhawk:
http://u.kaskus.co.id/12/m9p2fg55.jpeg
for Sukhoi SU-24:
http://u.kaskus.co.id/12/79lvcosk.jpg
for MiG 29K:
http://u.kaskus.co.id/12/vkyhtb8o.jpg
for Ilyushin Il-78 Midas:
http://u.kaskus.co.id/12/fpu090no.jpg
Kelebihan dan Kekurangan Sistem ��Probe and Drogue��
for Ini nih kelebihannya gan:
- Desain tanker simple dan murah
- Bisa mengisi bahan bakar ke beberapa pesawat pada waktu yang sama cukup memakai satu tangki bahan bakar
- Bisa mengisi bahan bakar untuk helikopter
- Tidak perlu operator khusus, cukup pilot aja yang jalanin.
for Ini nih kekurangannya gan:
- Diameter pipa yang kecil hanya cukup mengalirkan 1 - 1,5 ton bahan bakar per menit.
- Turbulence pada pesawat dan kecepatan angin sangat mempengaruhi proses pengisian bahan bakar
- Skill pilot dari pesawat penerima sangat diperlukan dikarenakan tdk adanya operator khusus.
- Ni yang bahaya gan. Karena posisi pesawat penerima berada di belakang pesawat tanker, probe nya itu bisa-bisa masuk ke engine pesawat penerima kalo tidak ditangani dengan hati-hati.
SEKIAN
Update: Tanker C-130 Milik TNI. Menurut referensi ada di skadron 32 di Lanud ABDULRACHMAN SALEH. Silakan dicek :D:D
[spoiler=open this] for picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/ba6otbyx.jpg
Thanks bwt agan2 smuanya..Berkat agan2 ane dpt HT pertamax nihhh.
http://u.kaskus.co.id/13/t4za2vh8.png
Sumber: Wikipedia
</div>
Bismillahirrahmanirrahim. Moga ga http://static.kaskus.co.id/images/smilies/reposts.gif dah. Klo repost maafkanlah TS mumpung di bulan Romadhon yg penuh berkah ini :D
- Ngasi komen hukumnya wajib
- Ngerate hukumnya wajib
- Ngejunk hukumnya haram
- Ngasi melon hukumnya wajib bagi yang mampu (berpahala bgt gan) :D
- Ngasi Bata hukumnya haram :D
Silakan Dibaca
Pengisian bahan bakar di udara atau istilahnya air refueling, aerial tanking, in-flight refueling (IFR), air-to-air refueling (AAR) adalah proses pengisian bahan bakar dari pesawat tanker (pembawa bahan bakar) ke pesawat lain (yang akan diisi bahan bakarnya) selama di udara. Prosedur ini membuat pesawat yang sedang dalam misi penerbangan dapat terbang dalam jangka waktu yang lebih panjang. Pesawat yang digunakan untuk pengisian bahan bakar di udara adalah pesawat angkut yang telah dimodifikasi atau seringkali disebut pesawat tanker. Prosedur pengisian bahan bakar di udara telah dipakai pada beberapa perang contohnya Perang Falkland, Perang Vietnam, Perang Teluk Persia dan Perang Kosovo. Jadi udah terkenal sistem pengisian bahan bakar di udara ini gan. Kebanyakan kita mah taunya pengisian di darat aja kan???
Di bawah ini ane ceritain dikit2 gan.
Sejarah Eksperimen
[/spoiler] for Sejarah Eksperimennya gan:
- Dimulai pada sekitar tahun 1917, seorang pilot berkebangsaan Russia bernama Alexander P. de Seversky menemukan ide untuk dapat memperpanjang waktu terbang pesawat selama di udara dengan cara pengisian bahan bakar di udara (in-flight refueling). Tak lama setelah itu, dia pindah kewarganegaraan ke AS dan menjadi Insinyur di War Departement of USA. Kemudian baru pada tahun 1921 penemuannya itu secara resmi dipatenkan.
- Tahun 1923 : Dua pesawat Airco DH-4B milik USA Air Service sukses mengisi bahan bakar ke sebuah pesawat DH-4B lainnya sebanyak 687 galon (2600 Liter) untuk memberikan waktu terbang lebih dari 37 jam tambahan.
for nih gan picnya:
http://u.kaskus.co.id/12/3y5bj5b8.jpg
- Tahun 1929 : US Army Air Corps yg dipimpin oleh Mayor Carl Spaatz, berhasil melakukan pengisian bahan bakar kepada pesawat Question Mark dengan rekor lebih dari 150 jam tambahan waktu terbang.
for nih gan picnya:
http://u.kaskus.co.id/12/xhjzq1wa.jpg[/img]
- Tahun 1930 : Rekor baru tercipta dengan 553 jam tambahan waktu terbang, dipegang oleh John, Albert, Kenneth, dan Walter Hunter menggunakan dua pesawat Stinson SM-1 Detroiter.
- Tahun 1935 : Percobaan yang berbahaya dari Fred dan Al Key, namun berhasil menumbangkan rekor sebelumnya dengan 647 jam (hampir 27 hari) waktu tambahan dengan pesawat Curtiss Robin.
Sistem Yg Dipakai
for Sistem Yg Dipakai:
Metode atau sistem yg paling umum digunakan adalah Sistem �Boom and Receptacle� atau biasa disebut dengan Sistem �Flying Boom� dan Sistem �Proge and Drogue� (ane gak ngerti terjemahan yg pasnya gan). Ada lagi kombinasi antar keduanya yg disebut �Boom Drogue Adaptor�, tp kurang populer gan. Ane disini Cuma jelasin yang pertama dan kedua saja gan. Kita liat satu2 di bawah ini:
1. Sistem �Boom and Receptacle�
Atau sering juga disebut Sistem �Flying Boom�. Sistem ini memakai pipa yang kaku (gak fleksibel gan), ada sistem kamera juga, yang dikontrol oleh dua sayap kecil yang oleh operator (pesawat tanker) akan diulur dan dimasukkan ke lubang tangki bahan bakar pada pesawat penerima. Praktiknya gini gan, pilot pada pesawat penerima harus memposisikan pesawatnya sedemikian rupa sehingga tepat posisinya dan proses pengisian bahan bakar bisa dilakukan. Untuk menjamin keamanan dan ketepatan dalam pengisian bahan bakar, pada sisi-sisi sayap telah dipasang kamera sehingga dapat memandu operator mengulurkan dan memasukkan pipa bahan bakar ke pesawat penerima. Gak Cuma itu gan, pesawat tanker juga dilengkapi lampu agar memungkinkan pengisian bahan bakar pada malam hari.
for nih picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/prykxdae.png
for nih picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/ldoxyhrh.jpg
for nih gan picnya:
http://u.kaskus.co.id/12/9tkboqo3.jpg
for nih gan picnya:
http://u.kaskus.co.id/12/webamyew.jpg
for nih gan picnya:
http://u.kaskus.co.id/12/webamyew.jpg
for nih gan picnya:
http://u.kaskus.co.id/12/qvqc2vyd.jpg
for nih gan picnya:
http://u.kaskus.co.id/12/mh20icmd.jpg
for nih gan operatornya:
http://u.kaskus.co.id/12/2xcdx4td.jpg
Pesawat Yang Pake Sistem �Boom and Receptacle�
for KC-97 Stratotanker:
http://u.kaskus.co.id/12/otmkpk30.jpg
for KC-135 Stratotanker:
http://u.kaskus.co.id/12/4n7jssfs.jpg
for KC-10 Extender:
http://u.kaskus.co.id/12/d18iyrnn.jpg
for KC-767:
http://u.kaskus.co.id/12/5kkp6tf0.jpg
for Airbus A330 MRTT:
http://u.kaskus.co.id/12/nhnmtkam.jpg
Kelebihan dan Kekurangan Sistem �Boom and Receptacle�
for Ini nih kelebihannya gan:
- Aliran bahan bakar (transfer rate) dari pesawat tanker ke pesawat penerima lebih banyak gan. Bisa nyampe 3,7 ton bahan bakar per menit. Tau gak kenapa gan???karena pipanya lebih lebar dibanding sistem �Probe and Drogue�.
- Dikhususkan untuk pesawat-pesawat gede seperti pesawat Bomber. Lebih efektif karena pesawat tersebut memerlukan bahan bakar yang lumayan banyak.
for Ini nih kekurangannya gan:
- Perlu biaya yang gede untuk training operator.
- Desain tanker yang rumit
- Cuma dapat mengisi satu pesawat sekali jalan.
- Tidak bisa dipakai untuk mengisi bahan bakar helikopter.
2. Sistem �Probe and Drogue�
Lain ama sistem yg pertama tadi gan. Sistem ini memakai pipa yang fleksibel (red: bisa digoyang gan, kyk inul..http://ceri.ws/smilies/small_ngakak.gif). Bentuk drogue � nya mirip banget kyk shuttlecock badminton yang tersambung dengan pipa bahan bakar. Fungsi drogue ini untuk menstabilkan pipa selama di udara dan menyediakan saluran untuk menjadi jalur masuknya bahan bakar ke dalam pipa. Pipa tersebut terhubung dengan Hose Drum Unit (HDU), klo gak kepake tuh pipa akan tergulung di HDU.
Cara kerjanya gini gan. Pesawat tanker dan pesawat resipien (penerima) nanti pd saat terbang membentuk formasi sejajar horizontal. Dimana, pesawat tanker berada di depan pesawat resipien. Kedua pesawat itu terbang pada kecepatan yang sama. Setelah kedua pesawat ini siap, nanti pilot pesawat tanker akan menjulurkan drogue ke arah pesawat resipien. Setelah terjulur, pilot pesawat resipien akan mengeluarkan probe. Yaitu semacam "mulut" penerima bahan bakar yang ada di pesawat tsb. Trus si pilot tsb memanuverkan pesawatnya hingga posisi probe masuk ke dalam lubang drogue. Mulai dehhh pengisiannya..
for Nih gambar drogue gan:
http://u.kaskus.co.id/12/etqp8hbu.jpg
for Nih gambar drogue gan:
http://u.kaskus.co.id/12/3akmfblf.jpg
for Nih gambar drogue gan:
http://u.kaskus.co.id/12/mfeqdjxg.jpg
for pictnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/jcnmdbtf.jpg
Pesawat tanker RAF VC10 sedang mengisi bahan bakar utk Pesawat Tornado GR4 pd saat perang Iraq
for picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/ldbjikvw.jpg
Hidung probe-nya pesawat patroli Nimrod MR2
for picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/w9m44rep.jpg
Pengisian bahan bakar F-18F Super Hornet (Kyk makanan..:hammer2::hammer2:)
for picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/udckr74g.jpg
Pesawat S-3 Viking sedang mengisi bahan bakar
for picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/dbowg5qa.jpg
for picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/w1efrpms.jpg
for picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/3gmjy6gj.jpg
Pengisian secara simultan..
Pesawat Yang Pake Sistem "Probe and Drogue":
for F/A-18E/F Super Hornet:
http://u.kaskus.co.id/12/rg4g7vx8.jpg
for S-3 Viking:
http://u.kaskus.co.id/12/cnopnboe.jpg
for A4 Skyhawk:
http://u.kaskus.co.id/12/m9p2fg55.jpeg
for Sukhoi SU-24:
http://u.kaskus.co.id/12/79lvcosk.jpg
for MiG 29K:
http://u.kaskus.co.id/12/vkyhtb8o.jpg
for Ilyushin Il-78 Midas:
http://u.kaskus.co.id/12/fpu090no.jpg
Kelebihan dan Kekurangan Sistem ��Probe and Drogue��
for Ini nih kelebihannya gan:
- Desain tanker simple dan murah
- Bisa mengisi bahan bakar ke beberapa pesawat pada waktu yang sama cukup memakai satu tangki bahan bakar
- Bisa mengisi bahan bakar untuk helikopter
- Tidak perlu operator khusus, cukup pilot aja yang jalanin.
for Ini nih kekurangannya gan:
- Diameter pipa yang kecil hanya cukup mengalirkan 1 - 1,5 ton bahan bakar per menit.
- Turbulence pada pesawat dan kecepatan angin sangat mempengaruhi proses pengisian bahan bakar
- Skill pilot dari pesawat penerima sangat diperlukan dikarenakan tdk adanya operator khusus.
- Ni yang bahaya gan. Karena posisi pesawat penerima berada di belakang pesawat tanker, probe nya itu bisa-bisa masuk ke engine pesawat penerima kalo tidak ditangani dengan hati-hati.
SEKIAN
Update: Tanker C-130 Milik TNI. Menurut referensi ada di skadron 32 di Lanud ABDULRACHMAN SALEH. Silakan dicek :D:D
[spoiler=open this] for picnya gan:
http://u.kaskus.co.id/12/ba6otbyx.jpg
Thanks bwt agan2 smuanya..Berkat agan2 ane dpt HT pertamax nihhh.
http://u.kaskus.co.id/13/t4za2vh8.png
Sumber: Wikipedia
</div>