kuningtelur
27th May 2012, 06:25 PM
http://farm3.static.flickr.com/2480/3532153185_345abc3576.jpg
[/quote]
Ada yang pernah naik kereta ? pasti pernah lah, naah... gimana rasanya kalo naik kereta yang jarang dan melewati jalur yang fenomenal ?
"Bumi Geulis", itulah nama Rangkaian Kereta Api Diesel atau KRD Jurusan Bogor - Sukabumi. kalo diartiin Bumi Geulis (bhs sunda) = Sukabumi yang cantik / bumi yang cantik... Setelah sekian lama jalur ini tertutup karena longsor dan sekarang pemerintah telah memperbaiki jalur tersebut. Bagi warga Bogor dan Sukabumi, ini merupakan kereta kebanggaan, karena menjadi alternatif untuk perjalanan darat dari Bogor menuju Sukabumi maupun sebaliknya. Maklum, sampai sekarang rencana pembangunan proyek jalan tol Sukabumi - Ciawi masih belum jelas. Maka transportasi inilah yang menjadi pilihannya, selain murah KRD juga menjadi komitmen karena dalam waktu 2 jam sudah pasti sampai tujuan (gak kena macet dijalanan) :D.
Kereta ini diresmikan pada tanggal 14 Desember 2008 oleh Mentri Perhubungan Republik Indonesia Jusman Syafi'i Jamal. Diresmikan di Stasiun Sukabumi. PT KAI menerapkan tarif karcis Rp 8.000 dengan lama perjalanan memakan waktu 2 jam, dengan kecepatan kereta 40 km/jam.
Kenapa dibilang langka ?
Karena jadwal keberangkatan hanya 1 x 24 jam, yaitu jam 5 sore berangkat dari stasiun Bogor dan jam 5 subuh berangkat dari stasiun Sukabumi.
Kenapa indah ?
Karena KRD ini melewati jalur kaki gunung salak dan gunung gede, ditambah dengan suasana sore hari yang hangat dan bersahabat. Angin pegunungan dan bukit yang sepoi2, beriringan dengan derasnya aliran sungai2 sepanjang jalur kereta. belum lagi menyaksikan bangunan bersejarah peninggalan jaman Belanda, seperti jembatan, rel dan rambu2.
Update
Kereta ini jadi pilihan transportasi yang pas untuk karyawan yg bekerja di bogor / jakarta, karena lumayan tepat waktu (-+ 2 jam) dibandingkan dengan jet darat alias Kol Bogor :D yang sering kena macet, tarifnya lebih mahal pula dari tarif kereta ini... :D
Update Lagi mang...
Jadwal hari Senin dan Sabtu kereta ini melingtas langsung dari Sukabumi menuju Tanah Abang, cuma berhenti distasiun Bogor ( commuter line aja kalah sama ini, commuter berenti disetiap stasiun, kalo ini mah langsung, ibarat Express :D ) walopun kadang2 berenti juga di manggarai. Coz tyap 2x 1 minggu balik ke Deponya yg di Tn Abang. Kadang org2 yg lagi nunggu distasiun pada melongo "ini kereta dr mana kemana ya, kok gak berenti, langsung bablas aja padahal penumpang distasiun numpuk" http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/7.gif( yaiyalah numpuk, kan ini kereta pagi alias jam berangkat org kerja ) so kereta ini juga memang penuh banget kalo pagi :D
Tarif tambahan cuma 2.000 perak gan, jadi total Tarif dari Sukabumi - Bogor lanjut ke Tn Abang cuma 10.000, perjalanan -+2,5 jam HEBAT PAN http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/47.gif
:2good:
Mangga dinikmati jalur kereta api bersejarah di jawa barat (hampir semua stasiun bekas peninggalan belanda )
Jalur kaki gunung
[/spoiler] for gunung:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs564.snc3/30814_1240154538948_1681856377_447942_2630028_n.jp g
Terlihat background gunung salak dan disamping terlihat pepohonan hijau yang menghiasi pemandangan perjalanan kereta api ini
Jembatan
for siang hari:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/ssuyk7qx.jpg
Ini adalah Jembatan Cisadane. karena rel kereta digunakan hanya 1 kali dalam 1 hari, maka jembatan pun dijadikan sarana transportasi umum, terlihat sepeda motor pun bisa melintas dengan mudah. Sungai di sini alirannya deras dan sering dipakai untuk rute rafting (arung jeram).
Melintas di pemukiman yang padat
for padat:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs564.snc3/30814_1239743088662_1681856377_447064_999076_n.jpg
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs564.snc3/30814_1240421185614_1681856377_448326_2973490_n.jp g
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash1/hs524.ash1/30814_1240998800054_1681856377_449674_4539351_n.jp g
Sesaat sedang berhenti dan berjalan merayap di stasiun Batutulis, terlihat pemukiman padat penduduk disekitar.
Keindahan saat melintasi jembatan di sore hari
for melintas jembatan:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash1/hs502.ash1/29714_1231120473102_1681856377_427392_7441007_n.jp g
Susana sore senja selalu menemani perjalanan KRD ini, lampu-lampu pun harus selalu berfungsi optimal untuk penerangan jalan
Jalur kereta yang sangat dekat dengan pemukiman dan lingkungan warga
for dekat:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/lonee7bu.jpg
Lingkungan rel saat ini sangat dekat dengan lingkungan warga
Menembus bebatuan
for bukit bebatuan:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/xauvvawy.jpg
Ini adalah jalur kereta api terusan yang dibangun di dalam batu keras, (tuff breccia).Dinding ini terbuat dari batu alam, tidak ada batu buatan. Bisa kita bayangkan dahulu nenek moyang kita menggali bebatuan yang keras ini :D.
Melintasi jembatan peninggalan belanda
for kokoh melintas:
http://farm5.static.flickr.com/4062/4484241220_64a1e4e8fb.jpg
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs457.snc3/26162_1200054936483_1681856377_371790_7775564_n.jp g
Jembatan yang ada pada jalur kereta merupakan bangunan sejarah peninggalan jaman Belanda yang sudah berumur ratusan tahun, tetapi masih tetap kokoh sampai sekarang. Walaupun ada beberapa jembatan yang longsor dan telah diperbaiki http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/47.gif
Melintasi sawah yang hijau
for pesawahan:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash1/hs502.ash1/29714_1231116633006_1681856377_427379_831613_n.jpg
Sawah dan bukit hijau merupakan pemandangan yang biasa, terkadang sinar sore hari menghangati perjalanan :)
Pensinyalan yang masih berfungsi dengan baik
for sinyal:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/zf65lcua.jpg
Inilah salah satu yang dibanggakan, pensinyalan atau isyarat rambu yang masi berfungsi dengan baik. Jika ada kereta lewat, maka bentangan kawat akan ditarik dan menggerakkan rambu. Pusat penggerak kawat2 rambu tersebut ada di masing2 stasiun.
Bukti yang bersejarah
for 1880:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/ptalvgka.jpg
Ini adalah rel anti anjlok terdapat cap "KRUPP 1880" mungkin artinya rel ini dibuat di oleh Perusahaan KRUPP di Jerman pada tahun 1880, berarti umurnya adalah 130 tahun, wow http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/q20.gif.
Originally Posted by GE7FDL8
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=239210385#post239210385)
bner tuh gan
KRUPP 1880
rel paksa,biar gak anjlog
ato nama kerennya gongsol gan
:D
Update
Sedang melewati salah satu mall di Bogor
for mall:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/hs235.snc4/39104_1286275931954_1681856377_547458_2659931_n.jp g
Terlihat langit tampak gelap pada sore hari, kereta dengan cantiknya (geulis) melintas padatnya pemukiman
Komen dari agan yg diluar indonesia :
Originally Posted by hakeey
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=265882578#post265882578)
saya suka thread ini gan..
jadi kangen pengen pulang ke indonesia nih :((
melon meluncur untuk ts :kabur2:
UPDATE Oktober 2011
Tambahan dari Fotografernya
for tambahan:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/fjtfhdu1.jpg
melewati kawasan padat, dikala hujan..
saya motret ini di pos perlintasan nomor 4 jalan kantor batu , BOGOR
credit to : rwjangkrik336
Melintas dipemukiman
for padet:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/uergfu9v.jpg
credit to : Bima Adjie 229 (http://www.flickr.com/photos/adjie_prasetija/)
Ijo -ijo
for ijo:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/4fmsll2w.jpg
credit to : jhon_ipenk (http://www.flickr.com/photos/jhon_ipenk/)
Jadwal dan Tarif
for jadwal:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/conlwvoa.jpg
SUPER UPDATE ( Foto Sejarah Gan )
http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/photos-ak-snc1/v2749/201/70/1370148336/n1370148336_30369787_1057325.jpg
http://multiply.com/mu/knil1948/image/1/photos/82/400x400/18/18.-Asap-membumbung-sekitar-stasiun-kereta-api.JPG?et=Hi2%2C4fz1vj35uyeapOeWEg&nmid=309330196
http://www.soekaboemi.com/files/statsion.jpg
http://sukabumi.dagdigdug.com/files/2009/02/sukabumi-heritage1.jpg
Bener2 bersejarah kan gan, bahkan sampe sekarang Bangunan Stasiun Sukabumi MASIH ADA dan terawat
http://farm4.static.flickr.com/3232/3147099042_01ef985ebb.jpg
http://farm4.static.flickr.com/3295/3147098106_a76d7a6796.jpg
http://firdauzi.files.wordpress.com/2009/05/sukabumi-stasiun-m6-2.jpg?w=204&h=300
http://firdauzi.files.wordpress.com/2009/05/sukabumi-stasiun-m6-1.jpg?w=300&h=199
[quote]
http://multiply.com/mu/cantigicientaku/image/11/photos/53/500x500/7/sk43.jpg?et=CntHDQOAhD5WRlkd7lORlw&nmid=63157373
:hope:
[spoiler=open this] for yg ngasi melon:
http://cdn-u.kaskus.co.id/66/gpemyp0r.jpg
http://cdn-u.kaskus.co.id/66/uilrjao9.jpg
http://cdn-u.kaskus.co.id/36/jz35dhdo.png
http://cdn-u.kaskus.co.id/36/hgp9sopw.png
:melonndan: melon dong gan, aus nih, tar ane update lagi :D http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/47.gif
sumber : ini (http://www2.ocn.ne.jp/~jbtbk/photo20.html)
</div>
[/quote]
Ada yang pernah naik kereta ? pasti pernah lah, naah... gimana rasanya kalo naik kereta yang jarang dan melewati jalur yang fenomenal ?
"Bumi Geulis", itulah nama Rangkaian Kereta Api Diesel atau KRD Jurusan Bogor - Sukabumi. kalo diartiin Bumi Geulis (bhs sunda) = Sukabumi yang cantik / bumi yang cantik... Setelah sekian lama jalur ini tertutup karena longsor dan sekarang pemerintah telah memperbaiki jalur tersebut. Bagi warga Bogor dan Sukabumi, ini merupakan kereta kebanggaan, karena menjadi alternatif untuk perjalanan darat dari Bogor menuju Sukabumi maupun sebaliknya. Maklum, sampai sekarang rencana pembangunan proyek jalan tol Sukabumi - Ciawi masih belum jelas. Maka transportasi inilah yang menjadi pilihannya, selain murah KRD juga menjadi komitmen karena dalam waktu 2 jam sudah pasti sampai tujuan (gak kena macet dijalanan) :D.
Kereta ini diresmikan pada tanggal 14 Desember 2008 oleh Mentri Perhubungan Republik Indonesia Jusman Syafi'i Jamal. Diresmikan di Stasiun Sukabumi. PT KAI menerapkan tarif karcis Rp 8.000 dengan lama perjalanan memakan waktu 2 jam, dengan kecepatan kereta 40 km/jam.
Kenapa dibilang langka ?
Karena jadwal keberangkatan hanya 1 x 24 jam, yaitu jam 5 sore berangkat dari stasiun Bogor dan jam 5 subuh berangkat dari stasiun Sukabumi.
Kenapa indah ?
Karena KRD ini melewati jalur kaki gunung salak dan gunung gede, ditambah dengan suasana sore hari yang hangat dan bersahabat. Angin pegunungan dan bukit yang sepoi2, beriringan dengan derasnya aliran sungai2 sepanjang jalur kereta. belum lagi menyaksikan bangunan bersejarah peninggalan jaman Belanda, seperti jembatan, rel dan rambu2.
Update
Kereta ini jadi pilihan transportasi yang pas untuk karyawan yg bekerja di bogor / jakarta, karena lumayan tepat waktu (-+ 2 jam) dibandingkan dengan jet darat alias Kol Bogor :D yang sering kena macet, tarifnya lebih mahal pula dari tarif kereta ini... :D
Update Lagi mang...
Jadwal hari Senin dan Sabtu kereta ini melingtas langsung dari Sukabumi menuju Tanah Abang, cuma berhenti distasiun Bogor ( commuter line aja kalah sama ini, commuter berenti disetiap stasiun, kalo ini mah langsung, ibarat Express :D ) walopun kadang2 berenti juga di manggarai. Coz tyap 2x 1 minggu balik ke Deponya yg di Tn Abang. Kadang org2 yg lagi nunggu distasiun pada melongo "ini kereta dr mana kemana ya, kok gak berenti, langsung bablas aja padahal penumpang distasiun numpuk" http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/7.gif( yaiyalah numpuk, kan ini kereta pagi alias jam berangkat org kerja ) so kereta ini juga memang penuh banget kalo pagi :D
Tarif tambahan cuma 2.000 perak gan, jadi total Tarif dari Sukabumi - Bogor lanjut ke Tn Abang cuma 10.000, perjalanan -+2,5 jam HEBAT PAN http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/47.gif
:2good:
Mangga dinikmati jalur kereta api bersejarah di jawa barat (hampir semua stasiun bekas peninggalan belanda )
Jalur kaki gunung
[/spoiler] for gunung:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs564.snc3/30814_1240154538948_1681856377_447942_2630028_n.jp g
Terlihat background gunung salak dan disamping terlihat pepohonan hijau yang menghiasi pemandangan perjalanan kereta api ini
Jembatan
for siang hari:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/ssuyk7qx.jpg
Ini adalah Jembatan Cisadane. karena rel kereta digunakan hanya 1 kali dalam 1 hari, maka jembatan pun dijadikan sarana transportasi umum, terlihat sepeda motor pun bisa melintas dengan mudah. Sungai di sini alirannya deras dan sering dipakai untuk rute rafting (arung jeram).
Melintas di pemukiman yang padat
for padat:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs564.snc3/30814_1239743088662_1681856377_447064_999076_n.jpg
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs564.snc3/30814_1240421185614_1681856377_448326_2973490_n.jp g
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash1/hs524.ash1/30814_1240998800054_1681856377_449674_4539351_n.jp g
Sesaat sedang berhenti dan berjalan merayap di stasiun Batutulis, terlihat pemukiman padat penduduk disekitar.
Keindahan saat melintasi jembatan di sore hari
for melintas jembatan:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash1/hs502.ash1/29714_1231120473102_1681856377_427392_7441007_n.jp g
Susana sore senja selalu menemani perjalanan KRD ini, lampu-lampu pun harus selalu berfungsi optimal untuk penerangan jalan
Jalur kereta yang sangat dekat dengan pemukiman dan lingkungan warga
for dekat:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/lonee7bu.jpg
Lingkungan rel saat ini sangat dekat dengan lingkungan warga
Menembus bebatuan
for bukit bebatuan:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/xauvvawy.jpg
Ini adalah jalur kereta api terusan yang dibangun di dalam batu keras, (tuff breccia).Dinding ini terbuat dari batu alam, tidak ada batu buatan. Bisa kita bayangkan dahulu nenek moyang kita menggali bebatuan yang keras ini :D.
Melintasi jembatan peninggalan belanda
for kokoh melintas:
http://farm5.static.flickr.com/4062/4484241220_64a1e4e8fb.jpg
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs457.snc3/26162_1200054936483_1681856377_371790_7775564_n.jp g
Jembatan yang ada pada jalur kereta merupakan bangunan sejarah peninggalan jaman Belanda yang sudah berumur ratusan tahun, tetapi masih tetap kokoh sampai sekarang. Walaupun ada beberapa jembatan yang longsor dan telah diperbaiki http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/47.gif
Melintasi sawah yang hijau
for pesawahan:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash1/hs502.ash1/29714_1231116633006_1681856377_427379_831613_n.jpg
Sawah dan bukit hijau merupakan pemandangan yang biasa, terkadang sinar sore hari menghangati perjalanan :)
Pensinyalan yang masih berfungsi dengan baik
for sinyal:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/zf65lcua.jpg
Inilah salah satu yang dibanggakan, pensinyalan atau isyarat rambu yang masi berfungsi dengan baik. Jika ada kereta lewat, maka bentangan kawat akan ditarik dan menggerakkan rambu. Pusat penggerak kawat2 rambu tersebut ada di masing2 stasiun.
Bukti yang bersejarah
for 1880:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/ptalvgka.jpg
Ini adalah rel anti anjlok terdapat cap "KRUPP 1880" mungkin artinya rel ini dibuat di oleh Perusahaan KRUPP di Jerman pada tahun 1880, berarti umurnya adalah 130 tahun, wow http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/q20.gif.
Originally Posted by GE7FDL8
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=239210385#post239210385)
bner tuh gan
KRUPP 1880
rel paksa,biar gak anjlog
ato nama kerennya gongsol gan
:D
Update
Sedang melewati salah satu mall di Bogor
for mall:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/hs235.snc4/39104_1286275931954_1681856377_547458_2659931_n.jp g
Terlihat langit tampak gelap pada sore hari, kereta dengan cantiknya (geulis) melintas padatnya pemukiman
Komen dari agan yg diluar indonesia :
Originally Posted by hakeey
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=265882578#post265882578)
saya suka thread ini gan..
jadi kangen pengen pulang ke indonesia nih :((
melon meluncur untuk ts :kabur2:
UPDATE Oktober 2011
Tambahan dari Fotografernya
for tambahan:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/fjtfhdu1.jpg
melewati kawasan padat, dikala hujan..
saya motret ini di pos perlintasan nomor 4 jalan kantor batu , BOGOR
credit to : rwjangkrik336
Melintas dipemukiman
for padet:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/uergfu9v.jpg
credit to : Bima Adjie 229 (http://www.flickr.com/photos/adjie_prasetija/)
Ijo -ijo
for ijo:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/4fmsll2w.jpg
credit to : jhon_ipenk (http://www.flickr.com/photos/jhon_ipenk/)
Jadwal dan Tarif
for jadwal:
http://cdn-u.kaskus.co.id/61/conlwvoa.jpg
SUPER UPDATE ( Foto Sejarah Gan )
http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/photos-ak-snc1/v2749/201/70/1370148336/n1370148336_30369787_1057325.jpg
http://multiply.com/mu/knil1948/image/1/photos/82/400x400/18/18.-Asap-membumbung-sekitar-stasiun-kereta-api.JPG?et=Hi2%2C4fz1vj35uyeapOeWEg&nmid=309330196
http://www.soekaboemi.com/files/statsion.jpg
http://sukabumi.dagdigdug.com/files/2009/02/sukabumi-heritage1.jpg
Bener2 bersejarah kan gan, bahkan sampe sekarang Bangunan Stasiun Sukabumi MASIH ADA dan terawat
http://farm4.static.flickr.com/3232/3147099042_01ef985ebb.jpg
http://farm4.static.flickr.com/3295/3147098106_a76d7a6796.jpg
http://firdauzi.files.wordpress.com/2009/05/sukabumi-stasiun-m6-2.jpg?w=204&h=300
http://firdauzi.files.wordpress.com/2009/05/sukabumi-stasiun-m6-1.jpg?w=300&h=199
[quote]
http://multiply.com/mu/cantigicientaku/image/11/photos/53/500x500/7/sk43.jpg?et=CntHDQOAhD5WRlkd7lORlw&nmid=63157373
:hope:
[spoiler=open this] for yg ngasi melon:
http://cdn-u.kaskus.co.id/66/gpemyp0r.jpg
http://cdn-u.kaskus.co.id/66/uilrjao9.jpg
http://cdn-u.kaskus.co.id/36/jz35dhdo.png
http://cdn-u.kaskus.co.id/36/hgp9sopw.png
:melonndan: melon dong gan, aus nih, tar ane update lagi :D http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/47.gif
sumber : ini (http://www2.ocn.ne.jp/~jbtbk/photo20.html)
</div>