Tweak performance for Honda Sonic (Ask)

16th October 11:50 AM audy#1
Denger berita tetang pertarungan Kelas IRRC(indonesia Road Racing Championship) 150cc kemarin, gak nyangka ya Motor Jupiter MX King jadi juara.
Ane juga lihat beritanya di sini IRRC 2015 Seri 5: Yamaha Jupiter MX King Asapi Honda CB150R di Kelas 150cc!! (Race 1)

Spoiler for berita:

IRRC 2015 Seri 5: Yamaha Jupiter MX King Asapi Honda CB150R di Kelas 150cc!! (Race 1)
MESINBALAP.com – Panas banget bro pertarungan di Kelas IRRC FDR 150cc di putaran ke-5 Kejurnas Balap Motor 2015 yang kini namanya sudah resmi berganti jadi Indonesia Road Racing Championship alias IRRC, ingat bukan IMI Prix (pesan buat penulis). hehe….

Tamy Pratama di bawah naungan Tim Yamaha Yamalube KYT FDR SND Racing keluar sebagai pemenangnya di Race 1 diatas Jupiter MX King. Sukses melahap 10 lap dengan total waktu tempuh 18 menit 57,183 detik dan best time 1 menit 53,338 detik.

“Motor hari ini enak dipakai, putaran mesinnya pun konstan. Ada sedikit kendala pada bagian shockbreaker belakang, roda belakang agak sedikit liar tapi masih bisa dikontrol”,
cerita Tamy Pratama.
Mengawali start dari posisi ke-4, Tamy ditempel ketat oleh pembalap Honda di awal lap yakni Aditya Pangestu yang membesut Honda CB150R keluaran tahun 2014 racikan Astra Motor Racing Team. Aditya finish di urutan kedua dengan GAP 0,245 detik dari Tamy.
“Untuk strateginya sendiri di lap-lap terakhir mencoba mencuri angin dengan berada di posisi kedua. Baru seperempat menjelang finish motor digas habis-habisan”, lanjut Tamy yang di event kali ini power motornya sudah mengalami peningkatan sebesar 29,7 DK alias sudah mencapai 80%. Wow fantastis…

Di peringkat ketiga ada Steven Budiman dengan bendera Ice Hogo Stebo Racing Team. Sementara itu, Rafid Topan (Suzuki KYT Rafid Topan Racing Team) dengan Satia FU150 hanya bertahan selama 3 lap, selebihnya duduk manis di pinggir lintasan.

Lalu apa rahasia pada motor yang digunakan Tamy?? “Di event kemarin menggunakan klep titanium 25,23, sedangkan untuk event hari ini menggunakan klep titanium 23,20. Dengan menggunakan pengapian Vortex 38, kalau di pasaran (harganya yang) tanpa sensor 4,5 jeti. Untuk semprotan bahan bakar ke ruang bakar sendiri 180 milimeter”, ungkap pak Haji yang rajin melakukan riset pada motor injeksi, katanya buat menghadapi musim cery… ehh musim depan.







Ane kaget kenyataan nya MX king lebih cepat di bandingkan dengan CB150 dan satria FU. padahal prediksi ane CB150 yang akan menang. sebenernya sih sempet kecewa tapi mau gimana lagi. ane juga sudah terlanjur beli motor sonic, padahal mau ane jajal performanya dengan MX king temen. kalo kalah kan malu gak bisa gaya dong :(, apa lagi di lihat dari Race kemarin MX king ngalahin CB150 . ane jadi ragu dengan motor sonic ane, mungkin ane terlalu berlebihan memikirkannya. menurut agan agan gimana? Apa yang harus di tambahkan di motor ane untuk menang dari MX king motor temen, kira kira kalo mau setting motor ane biar cepet perlu budget berapa? Maklum masih baru seneng motorjadi ga tau harga harganya hehe. Mohon bantuan nya ya gan :(